Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Maret 5, 2010

bener khan, bumi buat hati berdebar:050310

Filed under: BURSA bumi — bumi2009fans @ 10:37 am

05/03/2010 – 05:44

Selalu Menggoda untuk Dijamah
Gaya Khas Saham BUMI
Bastaman

(inilah.com/Wirasatria)

INILAH.COM, Jakarta – Kalau ada perusahaan yang selalu membuat jantung investornya berdetak lebih cepat, PT Bumi Resources (BUMI) tampaknya pantas ditempatkan di urutan pertama. Selain banyak misteri, emiten ini seringkali melahirkan cerita-cerita heboh.

Terbukti sejak 2003, Bursa Efek Indonesia (BEI) telah belasan kali menghentikan perdagangan saham perusahaan ini gara-gara corporate action yang kerap muncul mendadak dan mengagetkan.

Langkah konsolidasi anak-anak perusahaan nonbatubara yang berada di bawah payung PT Bumi Resources Mineral (BRM) adalah kehebohan terbaru yang dibuat oleh perusahaan Grup Bakrie pekan ini.

Anak-anak perusahaan yang dikonsolidasikan itu adalah Lemington Investment Pte. Ltd (Pemilik Bumi Mauritania SA dan Comblo Bumi Inc), Calipso Invesment Pte. Ltd (Pengendali Herald Resources Ltd), Citra Palu Minerals, dan Multi Capital (Pemilik sebagian saham Newmont Nusa Tenggara).

Konsolidasi anak usaha nonbatubara itu, seperti dikatakan sebuah sumber, merupakan langkah strategis BRM untuk mengembangkan bisnis masing-masing anak perusahaan. Yang menarik, langkah konsolidasi ini diikuti dengan peningkatan modal BUMI di BRM.

Dana peningkatan modal itu nantinya akan digunakan BRM untuk mengambil alih tagihan BUMI atas anak-anak perusahaan dan kemudian dikonversikan menjadi kepemilikan saham. Proses konsolidasi itu telah selesai 25 Februari lalu.

Tetapi seorang analis pasar modal berkesimpulan, langkah konsolidasi itu hanyalah akal-akalan manajemen untuk membuat pembukuan BUMI menjadi seksi karena akan terlepas dari kemungkinan rugi kurs.

Sungguhpun demikian, analis tadi berpendapat bahwa salam BUMI tetap selalu menggoda untuk dijamah. Maklum, pergerakan harga sahamnya yang sangat likuid membuat peluang investor untuk meraih gain sangat tinggi. [mdr

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: