Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Maret 10, 2010

jangan tolak tawaranku, saudara tua, ini elty : 100310

Filed under: ELTY, jalan tol n properti — bumi2009fans @ 9:12 am

Rabu, 10 Maret 2010 | 07:33

AKSI KORPORASI

ELTY Tawarkan 30% Proyek ke Investor Jepang

JAKARTA. Aksi PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) mengunjungi para investor di luar negeri sejak bulan lalu membawa segudang makna. Salah satunya adalah tawaran perusahaan pengembang properti ini kepada investor di Jepang untuk berinvestasi di proyek infrastruktur.

Hiramsyah S. Thaib, Presiden Direktur ELTY, mengatakan, penawaran ini dilakukan saat pihaknya berkunjung ke Jepang, akhir Februari lalu. “Ada sembilan investor institusi besar yang berminat berinvestasi di ELTY,” imbuhnya kepada KONTAN, akhir pekan lalu. Tapi, dia enggan menyebutkan identitas para calon investor tersebut.

Hiramsyah menuturkan, dari sembilan investor tersebut ada yang tertarik membeli langsung saham ELTY sebagai portofolio investasinya. Ada juga yang tertarik berinvestasi pada proyek-proyeknya. “Kalau pada proyek, kami bisa share hingga 30%,” katanya. Yang jelas, ELTY akan tetap menjadi pemilik mayoritas dan pengendali dalam setiap proyeknya.

Beberapa proyek yang ditawarkan ELTY adalah properti perkotaan, rumah tinggal (landed house), hotel, resort serta proyek jalan tol dan pengadaan air bersih. Kini, ELTY tengah menunggu kejelasan dari pembicaraan awal dengan para calon investor itu. “Mungkin satu hingga tiga bulan ke depan sudah ada kejelasan,” kata Hiramsyah.

Alternatif permodalan

Tapi, dia membantah penawaran yang diajukan ELTY kepada investor Jepang untuk menggantikan posisi Limitless Holding dalam proyek Rasuna Epicentrum. Maklum, saat ini ELTY masih menunggu sikap Limitless sebagai pemilik saham proyek Rasuna lewat kepemilikan 30% saham di PT Bakrie Swasakti Utama. Meski pembicaraan mengenai nasib kerjasama itu sudah berlangsung sejak Februari lalu, Limitless hingga kini belum memberikan kepastian.

Sekedar mengingatkan, induk usaha Limitless, yaitu Dubai World, tersandung kesulitan finansial. Sehingga, gagal membayar obligasi jatuh tempo sebesar US$ 3,52 miliar pada akhir tahun lalu. Kondisi ini memicu ketidakpastian investasi Limitless di Indonesia.

Analis dari E-Trading Securities Isfhan Helmy menilai, langkah ELTY menggandeng investor Jepang merupakan hal positif. ELTY jeli melihat peluang dari revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 41/1996 tentang Hak Pakai Properti oleh Warga Negara Asing. “Asing bisa miliki properti. Peluang ini dimanfaatkan ELTY dengan menawarkan proyeknya pada investor Jepang,” ujarnya.

Revisi PP ini memberi celah kepada emiten properti, seperti ELTY, untuk menggandeng mitra dari mancanegara ikut menanamkan modalnya. “Hal itu akan lebih menguntungkan karena ELTY tidak perlu mengambil kredit bank yang bunganya tinggi,” imbuh Isfhan.

Dia memperkirakan, pendapatan ELTY tahun lalu mencapai Rp 1,26 triliun dengan laba bersih Rp 212 miliar. Sementara tahun ini, ia memprediksi pendapatan ELTY melonjak jadi Rp 2,06 triliun dan laba bersih Rp 388 miliar. Isfhan merekomedasikan beli saham ELTY dengan target harga Rp 500 per saham. Kemarin, harganya masih Rp 250 per saham.

Abdul Wahid Fauzi, Sofyan Nur Hidayat
kontan

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: