Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Maret 11, 2010

the bakries, unsp, disebut-sebut lage … neh:110310

Filed under: Terkait BUMI&GRUP — bumi2009fans @ 8:11 am

11/03/2010 – 15:14
Saham Grup Bakrie Tetap Bisa Jadi Pilihan
Ahmad Munjin

(istimewa)
INILAH.COM, Jakarta – Variatifnya pergerakan indeks saham masih menyisakan harapan, terutama dari aktivitas saham grup Bakrie. Mampukah emiten kelompok bisnis ini menjaga bursa di teritori positif?

Alfiansyah, analis Sinarmas Securities memberi rekomendasi positif untuk beberapa saham dari grup Bakrie, seperti PT Bakrieland Development (ELTY), PT Bakrie Sumatra Plantation (UNSP) dan PT Bumi Resources (BUMI). “Ketiga emiten ini memiliki fundamental yang sehat sehingga potential up-nya sangat besar,”katanya kepada INILAH.COM, di Jakarta, Kamis (11/3).

Pada perdagangan Kamis (11/3) pukul 14.30 WIB, saham UNSP naik Rp10 (1,92%) ke level Rp530, dan saham BUMI stagnan di level Rp2.475. Sedangkan ELTY melesat Rp20 (7,84%) menjadi Rp2.75.

Penguatan saham ELTY dipicu aksi korporasi, dimana melalui anak perusahaannya BLD Investments Pte Ltd, perseroan melakukan penawaran obligasi pada investor keuangan institusional. Penawaran dengan jaminan saham (guaranteed equity-linked bonds) senilai US$150 juta, memiliki Credit Suisse Limited sebagai agen penempatan. “Dana yang diperoleh akan diggunakan untuk keperluan pembiayaan perusahaan termasuk modal kerja,” ujarnya.

Saat ini ELTY akan bergerak di resistance/support di Rp300/ Rp220. Dilihat dari sisi teknikalnya pun, ELTY masih cenderung upside hari ini. “Saya rekomendasikan beli saham ini,” tuturnya.

Kendati ELTY menguat pesat, Alfiansyah menilai, kenaikan saham properti ini belum tentu mampu memacu saham grup Bakrie lain bergerak naik. Sebab, yang menjadi trigger di grup ini adalah saham BUMI. “Terutama mengingat kapitalisasi ELTY tidak setinggi BUMI,” ujarnya.

Menurutnya, secara fundamental BUMI sangat positif, dimana diversifikasi tambangnya sudah sangat luas, sehingga bisa mendorong fundamentalnya semakin baik untuk jangka panjang. Selain core bisnis di batubara, BUMI juga merambah ke tambang metal dan penambahan saham di PT Newmont Nusa Tenggara (NNT).

Alfiansyah memperkirakan BUMI hari ini akan bergerak dalam kisaran resistance Rp2.650 dan Rp2.325 sebagai level support-nya. Apalagi, dari sisi teknikal pun cukup mendukung. “Saya rekomendasikan beli untuk saham BUMI,” ungkapnya.

Sedangkan saham UNSP juga menjadi pilihan. Selain karena basis bisnisnya di sektor komoditas perkebunan, dimana ekspansi lahan terus dilakukan, core bisnis perseroan di sektor perkebunan sudah variatif. “Alhasil, kesehatan fundamentalnya terjaga dan potential up -nya masih cukup terbuka,” ujarnya.

UNSP memiliki kebun karet yang luas sehingga berkontribusi paling besar terhadap potensi pendapatan perseroan. Hal ini didukung permintaan karet dunia yang cukup tinggi. “Inilah keunggulan UNSP di tengah sektor perkebunan lain yang tidak memiliki karet,” imbuhnya.

Dengan fiversifikasi usaha ini, maka kenaikan harga crude palm oil (CPO) akan mendorong penguatan harga karet. Alhasil, pendapatan perseroan pun akan naik. Namun, jika harga CPO turun, harga karet justru cenderung terjaga. Karena itu, potensi koreksi di saham ini juga jadi terbatas. “Ini keuntungan diversifikasi usaha dari UNSP dibandingkan dengan sektor perkebunan lainnya,” ungkapnya.

UNSP memiliki level resistance Rp600 dan Rp500 sebagai level support-nya. Jika saham ini bertahan di level Rp500, berpotensi terjadi balik arah (reversal) menguat. Pada tahap awal akan menuju level Rp540, untuk kemudian berlangsung menguat hingga Rp580-600. Sebaliknya, jika UNSP berada di bawah 500, cenderung bergerak negatif. “Saya sarankan hold terlebih dahulu di saham ini,” ucapnya. [ast/mdr]
Kamis, 11/03/2010 07:30 WIB
Rekomendasi Saham
IHSG Masih Punya Kekuatan
Nurul Qomariyah – detikFinance

Jakarta – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kemarin masih melanjutkan penguatannya meski sempat terantuk-antuk teritori negatif di awal perdagangan. IHSG sempat mencatat titik tertingginya sejak Januari 2008.

Pada perdagangan Rabu (10/3/2010), IHSG ditutup menguat 13,052 poin (0,49%) ke level 2.670,219. Indeks LQ 45 juga menguat 2,183 poin (0,41%) ke level 522,533.

Penguatan IHSG diprediksi masih akan berlanjut pada perdagangan Kamis (11/3/2010) ini. Masih positifnya bursa-bursa utama dunia akan membawa sentimen positif di pasar. Namun koreksi akan tetap mengintai perdagangan saham hari ini mengingat posisi sebagian besar saham sudah terlalu mahal.

Bursa Wall Street kemarin berhasil bertahan di teritori positif berkat penguatan saham-saham bank menyusul tanda-tanda perbaikan ekonomi yang diharapkan bisa menggencarkan lagi kredit.

Pada perdagangan Rabu (10/3/2010), indeks Dow Jones ditutup menguat tipis 2,95 poin (0,03%) ke level 10.567,33. Indeks Standard & Poor’s 500 juga menguat 5,16 poin (0,45%) ke level 1.145,61 dan Nasdaq menguat 18,27 poin (0,78%) ke level 2.358,95.

Bursa Tokyo juga mengawali perdagangan Kamis ini di teritori positif. Indeks Nikkei-225 dibuka naik 64,02 poin (0,61%) ke level 10.627,94.

Berikut rekomendasi saham untuk hari ini:

eTrading Securities:

IHSG ditutup menguat 13 point pada posisi 2670 Pada perdagangan hari Rabu (10/3/2010) asing masih melakukan pembelian saham sebanyak 363 milliar terutama di saham-saham unggulan. Dilihat dari momentum indicator yang masih belum menunjukan tanda penurunan Maka kami perkirakan perdagangan indeks hari ini di kisaran 2640-2690. saham yang patut dicermati pada hari ini CPIN, PGAS,UNSP

Panin Sekuritas:

Meski profit taking mulai menghampiri saham unggulan, IHSG kemarin berhasil ditutup pada zona positif. Tekanan pada saham pertambangan yang didorong oleh melemahnya harga komoditas menyebabkan indeks mulai mengalami tekanan pada sesi sore perdagangan kemarin. Hari ini kami perkirakan indeks akan bergerak mixed dimana profit taking diperkirakan masih akan berlanjut. Beberapa saham unggulan terlihat mulai memasuki zona overbought.

Meski demikian, kami masih melihat peluang trading pada saham-saham second liner. Dapat diperhatikan juga kemungkinan terjadinya antisipasi beli terkait menjelang keluarnya laporan kinerja 2009. Kisaran support-resistance 2.647-2.694. Saham pilihan : UNSP, ADRO, ELTY, PGAS.

(qom/qom)

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: