Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Maret 15, 2010

elty dalam lautan sentimen positif … 150310

Filed under: ELTY, jalan tol n properti — bumi2009fans @ 4:09 pm
Sekuritas Emiten Rekomendasi Target Harga Tanggal Keterangan
Samuel Sekuritas Indonesia PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) Beli 390 2010-03-15 03:39 PM PT Bakrieland Development TBk (ELTY) akan mendapat keuntungan dengan aturan properti yang baru yang mengizinkan kepemilikan asing hingga 75 tahun dan RUU Pengadaan Lahan bagi jalan tol.

15/03/2010 – 15:15
Pilihan: SMRA, ELTY & BSDE
Mari Akumulasi Saham Properti
Vina Ramitha

(inilah.com/Wirasatria)
INILAH.COM, Jakarta – Saham Properti masih berpotensi menguat, seiring pulihnya perekonomian. Investor pun disarankan mengakumulasi emiten-emiten ini.

Pengamat pasar modal dari Sinarmas Sekuritas Alfiansyah memprediksikan, saham properti tahun ini akan tumbuh lebih baik ketimbang tahun lalu. Menurutnya, untuk jangka panjang, pasar properti akan makin bergairah dan pelaku membeli saham tersebut. “Investor bisa mengakumulasi saham di sektor ini,” ujarnya.

Ia menilai, Indonesia masih merupakan pasar potensial bagi investor. Selain itu, tingkat inflasi juga masih terjaga dan indikator ekonomi makro masih cukup baik. Hal ini mendorong pelaku asing lebih aktif untuk bermain di pasar domestik. “Indonesia ke depan akan menjadi negara yang sangat diminati pelaku asing untuk menginvestasikan dananya,” katanya.

Analis Samuel Sekuritas Christine Salim menjagokan saham PT Bakrieland Property (ELTY), terkait penerbitan convertible bond (obligasi konversi) senilai US$150 juta. Skema dari CB ini hampir sama dengan CB yang pernah diterbitkan oleh PT Bumi Resources (BUMI) beberapa bulan lalu. “Saat ini ELTY diperdagangkan pada 52% discount dari NAV dan PBV 2010 sebesar 0.9 kali. Rekomendasi beli untuk ELTY,” ujarnya Senin (15/3).

Seperti diketahui, ELTY melalui anak perusahaannya BLD Investment Pte Ltd menawarkan obligasi dengan jaminan saham (guaranteed equity linked bonds) senilai US$150 juta bertenor 5 tahun dengan kupon di kisaran 7.875%-8.625%.

Harga konversi akan ditentukan 20-25% dari harga referensi, yang merupakan rata-rata tertimbang selama 5 hari perdagangan bursa dimulai tgl 15 Maret 2010. Periode konversi adalah 41 hari hingga 7 hari sebelum jatuh tempo dengan Credit Suisse (CS) bertindak selaku agen penempatan dalam proses penawaran secara terbatas obligasi.

Dana hasil CB akan digunakan untuk keperluan pembiayaan seperti modal kerja, refinancing utang dan membiayai transaksi equity swap yang akan ditandatangani BLD Investments dengan Credit Suisse International.

Rasio debt to equity ELTY masih relatif rendah, sebesar 0,28 kali per September 2009 dengan total utang bank sebesar Rp598 miliar yang jatuh tempo 2011-2012 mendatang. Sementara utang obligasi bernilai Rp500 miliar yang mana sebesar Rp220 miliar akan jatuh tempo 2011.

Implikasinya akan positif apabila tingkat bunga untuk refinancing lebih rendah. ELTY dapat me-reprofile utang jatuh tempo dari 2011-2012 menjadi 2015 sehingga beban cash flow berkurang. “Penerbitan CB berpotensi menjadi price catalyst yang positif mengingat ELTY belum memiliki treasury stock sebagai saham konversi,” ulasnya.

ELTY akan diuntungkan aturan properti baru yang mengizinkan kepemilikan asing hingga 75 tahun dan juga RUU pengadaan lahan yang mempermudah pembebasan lahan untuk jalan tol. Namun, Christine mendown-grade target harga ELTY menjadi Rp390 per saham, merupakan 30% discount dari NAV sebesar Rp564/saham (dari Rp480). “Angka ini terbentuk setelah memfaktorkan pembayaran dari Limitless dan menyesuaikan discount factor sektor properti,” pungkasnya.

Di sisi lain, Etrading Securities merekomendasikan PT Bumi Serpong Damai (BSDE) dan PT Summarecon (SMRA). Secara teknikal, 600 dinilai merupakan titik support yang cukup kuat untuk saham ini jika kita lihat Indikator MACD akan melakukan Golden Cross dan indicator RSI, Stochastic masih menunjukan saham ini oversold. “Kami rekomendasikan beli dengan trading range 600-640,” imbuhnya.

Sedangkan SMRA juga mendapat rekomendasi beli, jika berhasil menembus resistant pada harga 780. Walaupun RSI dan stochastic berada pada daerah oversold tapi momentum indikator menunjukan pergerakan ke atas. “Investor bisa trading buy dengan trading range 740-810,” imbuhnya. [ast/mdr]

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: