Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Maret 17, 2010

24% awal BAGUS @bumi … 170310

Filed under: PERUT BUMI RES — bumi2009fans @ 11:49 am

Rabu, 17/03/2010 11:27 WIB
Bakrie Cs Resmi Kuasai 24% Saham Newmont
Nurseffi Dwi Wahyuni – detikFinance

Jakarta – Konsorsium Multicapital yang merupakan anak usaha PT Bumi Resources Tbk dengan Pemda Nusa Tenggara Barat melalui PT Multi Daerah Bersaing (MDB) kembali membeli 7% saham divestasi PT Newmont Nusa Tenggara pada Senin (15/3/2010). Dengan begitu maka MDB resmi menguasai 24% saham Newmont.

Demikian disampaikan oleh Juru Bicara Newmont Rubi Purnomo kepada detikFinance, Senin (17/3/2010).

“Mereka sudah bayar untuk divestasi 7% saham Newmont untuk jatah 2009. Kemarin Senin malam di kantor Newmont di Jakarta semua proses sudah diselesaikan,” ujarnya.

Rubi mengatakan, proses pembayaran yang dilakukan oleh MDB melalui transfer kepada kedua pemegang saham asing Newmont Nusa Tenggara yaitu Newmont Indonesia Limited dan Nusa Tenggara Mining Corporation (Afiliasi Sumitomo).

Besaran dana yang ditransfer menurut Rubi adalah US$ 229,4 juta karena ada US$ 17,4 juta yang dipotong dari dividen tahun lalu. Seharusnya besaran dana yang dibayarkan adalah US$ 246,8 juta.

“Pembayarannya melalui transfer ke Citibank New York, dan ke Sumitomo Mitsui Banking Corporation. Dengan demikian mereka (MDB) sudah resmi memegang 24% saham Newmont,” tandas Ruby.

Selain itu, Rubi mengatakan, Newmont akan kembali menawarkan 7% saham divestasinya untuk tahun 2010 kepada Pemerintah Indonesia paling lambat 31 Maret 2010.

“Saat ini kami sedang dalam tahap valuasi harga, jadi harga masih kami hitung, paling lambat 31 Maret 2010 akan dilaporkan,” ujarnya.

BUMI dan Pemda NTB melalui PT Daerah Maju Bersaing (DMB) sebelumnya membentuk perusahaan patungan PT Multi Daerah Bersaing untuk akuisisi saham Newmont. DMB merupakan perusahaan yang dimiliki tiga pemerintah daerah yaitu pemprov NTB, pemerintah kabupaten Sumbawa Barat dan Sumbawa.

Saat ini konsorsium tersebut telah resmi memiliki 17 persen saham di Newmont setelah pemerintah memilih menyerahkan saham jatah divestasinya ke perusahaan milik Bakrie tersebut ketimbang kepada PT Aneka Tambang Tbk. (dnl/qom)

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: