Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Maret 19, 2010

unsp’s :)) … : 190310

Filed under: Terkait BUMI&GRUP — bumi2009fans @ 9:11 am

Lonjakan Harga CPO mulai Kerek Minyak Goreng
19 Mar 2010
Ekonomi Media Indonesia
HARGA minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) ditutup pada level 2.535 ringgit atau US$764 per ton pada perdagangan di Malaysia Derivatives Exchange, kemarin. Sebelumnya, pada 9 Maret 2010, harga CPO tembus level psikologis US$860 per ton. Ha! itu ikut mengerek naiknya harga minyak goreng di tingkat ritel.

Seperti yang terjadi di Pasar Tradisional Kota Padang, Sumatra Barat, harga minyak goreng curah mencapai Rp9.000 per kilogram (kg). Sementara itu, harga minyak goreng dalam kemasan isi dua liter, di tingkat distributor di Kota Padang bertahan di angka Rpl9 ribu hingga Rp22 ribu.

Hal yang sama terjadi di Medan, Sumatra Utara. Harga minyak goreng sudah mencapai Rp8.200 per kg dari Rp7.375 per kg pada awal Februari 2010. Wakil Ketua Dewan Masyarakat Sawit Indonesia (DMSI) Derom Bangun memperkirakan, kenaikan harga minyak goreng bakal bertahan pada semester I / 2010 ini. Jika merujuk pada prediksi tembusnya harga jual CPO hingga US$1,000 per ton.

Ia menilai, naiknya harga CPO saat ini dipicu tidak seimbangnya permintaan dengan suplai yang ada. Sebagaimana diketahui, permintaan CPO dunia mengalami peningkatan seperti yang terjadi di India dan China, sedangkan produksi sawit cenderung stabil.

“Kalau dulu pada 2008 bisa menembus sampai US$1,300 per ton, karena ada penggunaan untuk biodiesel yang luar biasa. Sekarang saya rasa tidak setinggi icu,” ujarnya. Namun demikian, ujar Derom, kenaikan harga CPO akhir-akhir ini tidak menjadikan produsen sawit menggenjot ekspor.

Pasalnya, produksi sawit berbeda dengan produksi manufaktur. “Kita tidak genjot ekspor CPO dengan naiknya harga. Ini beda sama industri tekstil. Ini kan hasil pertanian, keluar dari pohon, mesti ditungguin,” katanya. Untuk merespons kenaikan harga CPO, Derom mengungkapkan strategi yang dilakukan adalah dengan menjual persediaan secara cepat. “Tapi ada yang mikir juga jangan dulu, minggu depan siapa tahu harganya bisa lebih tinggi lagi,” tandas Derom. (DU/Ant/E-7)

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: