Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

April 5, 2010

elty, sukabumi dan disneyland : 050410

Filed under: ELTY, jalan tol n properti — bumi2009fans @ 7:28 am

reuters:
BAKRIELAND EYES LOAN FOR 3 TRILLION RUPIAH CAPEX
Property firm PT Bakrieland Development Tbk (ELTY.JK) is
eyeing state banks to raise funding for 2010 capital
expenditure, estimated at 2.5 – 3 trillion rupiah, said
President Director Hiramsyah S.Thaib. (Bisnis Indonesia)
e-trading:
ELTY: Raih pinjaman Rp1 T

ELTY segera menarik pinjaman dari bank sebesar Rp 1 triliun untuk memenuhi kebutuhan belanja modal tahun ini yang sipatok sekitar Rp2,5 triliun-Rp3 triliun. Dirut ELTY, Hiramsyah S. Thaib menuturkan ELTY akan mempercepat pemenuhan kebutuhan belanja modal tahun ini agar proyek-proyek yang direncanakan bisa segera dijalankan.

Bakrieland raih pinjaman Rp1 triliun

JAKARTA: PT Bakrieland Development Tbk segera menarik pinjaman dari bank sebesar Rp1 triliun untuk memenuhi kebutuhan belanja modal tahun ini yang dipatok sekitar Rp2,5 triliun-Rp3 triliun.
Direktur Utama Bakrieland Hiramsyah S. Thaib menuturkan perseroan akan mempercepat pemenuhan kebutuhan belanja modal tahun ini agar proyek-proyek yang direncanakan bisa segera dijalankan.

“Ada komitmen dana dari bank BUMN untuk mendanai belanja modal perseroan, dan kami akan menarik dana tersebut,” ujarnya kemarin.

Menurut Hiramsyah, perseroan memilih mendanai sejumlah proyek dari pinjaman bank lantaran lebih murah. Sebelumnya Bakrieland memenuhi sebagian pendanaan untuk belanja modal 2010 melalui penerbitan obligasi konversi sebesar US$155 atau sekitar Rp1,3 triliun.

Harga konversi per saham ditetapkan sebesar Rp310 per saham. Dengan mengacu pada harga tersebut, jumlah saham yang akan dikonversi 4,35 miliar saham atau setara dengan 21,86% dari total saham.

Selain untuk mendanai belanja modal, perseroan menggunakan dana yang diperoleh untuk pembiayaan kembali utang yang belum lunas dari anak perusahaan serta perusahaan afiliasinya.

Obligasi konversi tersebut diterbitkan dengan jangka waktu 5 tahun, dengan kupon sebesar 8,62%.

Dalam kesempatan itu Hiramsyah menuturkan bahwa perseroan akan mulai mengembangkan kawasan wisata di wilayah Sukabumi pada akhir tahun ini.

Menurut dia, perseroan memang akan mengembangkan daerah Sukabumi menjadi tujuan wisata, seiring dengan pembangunan jalan tol ruas Ciawi-Sukabumi yang juga dibangun mulai 2010.

“Pembangunan kawasan pariwisata di wilayah Sukabumi merupakan salah satu proyek yang kami kembangkan pada tahun ini, di samping proyek-proyek lainnya seperti halnya pembangunan tiga ruas jalan tol,”ujarnya.

Dari informasi yang beredar disebutkan kawasan wisata yang akan dikembangkan itu berupa wahana hiburan Disneyland. Di Asia, dunia hiburan itu masih hanya dibangun di Hong Kong.

Namun, Hiramsyah tidak bersedia berkomentar mengenai informasi tersebut. Menurutnya perseroan masih menyusun rencana pengembangan, termasuk dana yang dibutuhkan untuk pengembangannya.

“Kami mengalokasikan belanja modal yang cukup besar sepanjang tahun ini untuk proyek-proyek yang akan dikembangkan, dan kami optimistis bisa mencatat pertumbuhan yang lebih baik,” lanjut Hiramsyah.

Kinerja perseroan

Pendapatan perseroan tahun lalu naik 0,5%, dari 2008, dan nilai aset naik 39,1% karena penyelesaian proyek jalan tol Kanci-Pejagan.

Laba usaha terkoreksi 26,2% karena sebagian beban proyek dicatatkan 2009, sedangkan pendapatan dicatatkan 2010. Laba bersih terkoreksi 51,4% karena pada 2008 Bakrieland meraup laba Rp130,8 miliar dari divestasi dan selisih kurs.

Bakrieland tengah melakukan hedging (lindung nilai) sebesar US$44 juta atau 30% dari obligasi konversi yang diterbitkan US$155 juta.

Perseroan melalui anak perusahaan BLD Investments Pte. Ltd. menetapkan Credit Suisse Limited sebagai agen penempatan dalam proses penawaran kepada investor keuangan institusional.

Hasil penawaran terbatas ini juga dialokasikan untuk pembiayaan kembali utang yang belum lunas dari anak perusahaan serta perusahaan afiliasinya. Obligasi konversi tersebut diterbitkan dengan jangka waktu 5 tahun, dengan 8,62%.

Perseroan optimistis pada tahun ini kinerja bisa tumbuh 20%-30% dari 2009.

Salah satu pendorongnya adalah adanya tambahan pendapatan sebesar Rp150 miliar hingga Rp200 miliar dari ruas jalan tol Kanci-Pejagan, yang dioperasikan secara komersial mulai Januari.

Selain itu, kontribusi pendapatan tambahan lainnya diharapkan berasal dari sejumlah proyek strategis yang sudah dan diperkirakan selesai pada tahun ini.

Harga saham Bakrieland yang berkode ELTY pada penutupan perdagangan akhir pekan lalu ditutup di level Rp255 atau naik Rp15 dibandingkan dengan hari sebelumnya.

Jika mengacu pada harga tersebut, kapitalisasi pasar perseroan mencapai Rp5,08 triliun.

Selama tahun ini, saham ELTY naik sebesar 32,12%. (Fahmi Achmad)

Oleh Bambang P. Jatmiko
Bisnis Indonesia

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: