Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

April 5, 2010

fluktuasi adalah HUKUM SAHAM MUTLAK … 050410

Filed under: BURSA bumi — bumi2009fans @ 6:23 am

05/04/2010 – 05:51
Prediksi Saham Sepekan
Peluang Setelah Libur Panjang
Jagad Ananda

(inilah.com/Agung Rajasa)
INILAH,COM, Jakarta – Perdagangan saham diprediksikan masih memiliki kecenderungan menguat. Tapi, kenaikan yang sudah cukup tinggi bisa mendorong terjadi aksi profit taking.

Kejadian yang berlangsung, Kamis (1/4) lalu, memang, tergolong tidak biasa. Sebab, menjelang libur panjang, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) malah mengalami penguatan yang cukup signifikan. Sehingga, akhirnya, berhasil bertengger di level 2.830.

Keyakinan para pelaku pasar bahwa perdagangan saham masih dalam suasana bullish, terbukti ketika pada malam harinya, bursa AS juga ditutup dengan warna biru. Inderks Dow Jones, Nasdaq, S&P dan harga emas, semuanya mengalami kenaikan. Bahkan harga minyak pun secara mengejutkan meloncat hingga 1,33% ke level US$ 84,87 per barel.

Kondisi di bursa AS itulah yang lazim dipakai patokan oleh investor untuk melakukan transaksi pada awal pekan. “Kalau di akhir pekan Dow Jones hijau, biasanya perdagangan di BEI pada Senin juga akan positif,” kata seorang kepala riset dari sebuah perusahaan sekuritas asing.

Bukan hanya sinyal dari AS, memang, yang menjadi patokan munculnya optimisme para pelaku pasar. Sejumlah sentimen positif dari dalam dan luar negeri, menjadi pendukung utama yang mendorong munculnya keyakinan tersebut.

Harga minyak, misalnya, diyakini bakal menyeret harga sejumlah komoditas pertambangan dan perkebunan untuk turut menggeliat, yang pada gilirannya akan menguatkan saham-saham dari dua sektor tersebut.

Mulai ademnya masalah likuiditas yang dialami Yunani juga ikut menjadi penopang pergagangan saham. Sementara dari dalam negeri, deflasi sebesar 0,14% membuat otoritas moneter tak memiliki alasan untuk menaikkan bunga acuan dari level saat ini, 6,5%.

Nah, indikator-indikator itulah yang bakal mendukung perdagangan sepanjang pekan depan. Hanya saja, seorang analis mengingatkan, investor mesti berhati-hati sebab sebagian besar saham sudah berada pada level harga tinggi. “Sehingga rawan aksi profit taking,”katanya.

Ia memprediksikan, pekan ini indeks harga saham gabungan akan mencoba menembus level 2.850. Tapi, ya itu tadi, transaksi akan kerap ditingkahi aksi ambil untung. Sehingga, tidak tertutup kemungkinan IHSG dalam beberapa saat kembali ke bawah level 2.800. Itu sebabnya, dalam kondisi ini investor disarankan mengoleksi saham-saham yang masih memiliki potensi penguatan besar.

Misalnya saham terbitan PT Adaro Energy (ADRO), yang memiliki peluang naik hingga 25% ke level Rp2.500. Atau Bakrieland Development (ELTY) yang, kendati pekan lalu sudah menguat cukup signifikan, masih mungkin mengauat lagi sebesar 22%.

Pilihan lainnya yang disodorkan para analis adalah, PT Serpong Damai (BSDE), PT Ciputra Development (CTRA) dan PT Ciputra Surya (CTRS). Tiga saham dari sektor properti ini diprediksi masih akan menguat antara 15-20%.

Cukup menarik. Tapi, seorang analis tetap mengingatkan tentang kemungkinan terjadinya aksi ambil untung. ”Makanya pembelian sebaiknya dilakukan pertangahan minggu, di kala telah terjadi koreksi harga,” sarannya. [mdr]

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: