Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

April 7, 2010

sang dirut dan RI unsp … 070410

Filed under: Terkait BUMI&GRUP — bumi2009fans @ 4:33 am

Feb 5th, 2010 | Rubrik INSPIRASI
Ambono Janurianto, Direktur Utama PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk
Besarkan UNSP Lewat Akuisisi Domba Mas
Rapat Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk (UNSP) pada awal Februari ini akhirnya merestui niat perseroan untuk menerbitkan saham baru dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue. Dalam RUPSLB yang dihadiri 50,08% dari total pemegang saham itu, ditetapkan rights issue yang digelar perseroan sebanyak 9,454 miliar saham baru.
Selain itu, disepakati juga harga rights issue emiten berkode saham UNSP ini yang dipatok sebesar Rp 525 per saham. Dengan demikian, total dana yang bisa diraup anak usaha Grup Bakrie tersebut setara dengan Rp 4,963 triliun.
Dengan disetujuinya rencana tersebut maka keinginan Ambono Janurianto, Direktur Utama Bakrie Sumatera Plantations, untuk menjadi perseroan sebagai salah satu perusahaan CPO papan atas, nampaknya makin mendekati kenyataan. Sebab, sebagian dana right issue tadi (Rp 3,16 triliun), rencananya bakal digunakan perusahaan sawit ini untuk mengakuisisi sembilan perusahaan dalam Grup Domba Mas.
Untuk diketahui saja, Domba Mas adalah Grup perusahaan agribisnis,.khususnya CPO dan oleokimia. Setidaknya ada delapan perusahaan di sektor perkebunan yang berada di bawah Grup ini, antara lain, PT Batanghari Sawi Sejahtera, PT Aditarawan, PT Arta Prigel, PT Kaswari Unggul, PT Ekajaya Multi Perkasa, dan PT Perkebunan Intisawit Subur. Selain itu, melalui Domas Agro Prima, tiga unit perusahaan bergerak di oleokimia, yakni PT Sawit Mas Agro Perkasa, PT Domas Agro Inti Perkasa, dan PT Domas Sawitinti Perdana.
Domba Mas, lewat anak usahanya, Sawit Mas, memiliki lahan sawit 300.000 hektare yang tersebar di Sumatra Utara, Aceh, Riau, Sumatra Selatan, Jambi, dan Kalimantan Timur. Sebanyak 175.000 hektare diantaranya telah berisi tanaman kelapa sawit yang berproduksi.
Tak heran, jika UNSP sukses mengakuisisi Domba Mas, akan mejadikan perseroan sebagai salah satu perusahaan perkebunan terbesar di Indonesia, khususnya untuk CPO.
Ekspansi gencar UNSP tentu tak bisa dilepaskan dari sosok Ambono Janurianto. Pria kelahiran Ambon Ambon 26 Januari 1960 inilah otak dibalik upaya akuisisi perseroan. Kini, pasca right issue UNSP disetujui, Ambono tinggal menunggu finalisasi dari transaksinya saja. Ia berharap dalam waktu 2 minggu kedepan dari semua perusahaan yang diakuisisi sudah bisa closing trancations.
Pria yang juga dipercaya menjadi Direktur Keuangan PT Sony Music Entertainment Indonesia, General Manager PT Satelindo, Finance Manager PT Nokia Indonesia dan PT Philips Ralin Electronics ini menyatakan minat akuisisi ini tentunya tak lepas dari tingginya harga Crude Palm Oil (CPO) dunia. Dirinya pun optimis, akuisisi Domba Mas akan menambah kinerja perusahaan di masa mendatang. Apalagi harga produk turunan oleokimia, yang merupakan salah satu produk unggulan Domba Mas, seperti fatty alkohol dan acid, harganya jauh lebih tinggi dibanding minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO).
Sarjana ekonomi jebolan Universitas Parahyangan ini juga mengharapkan dengan adanya akuisisi pada perusahaan pengelolaan oleo kimia ini nantinya akan memberikan dampak positif menstabilkan efek fultuasi harga komoditas.
(eka/pph)

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: