Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

April 12, 2010

skandal optima: dibayar @pura2 dan telmi … 120410

Filed under: OPTIMA under scrutinies — bumi2009fans @ 12:17 pm

Senin, 12/04/2010 10:36 WIB
Dirut Optima Diduga Kabur ke Luar Negeri, Bapepam Prihatin
Whery Enggo Prayogi – detikFinance

Jakarta – Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) menyatakan keprihatinannya atas kabar yang mengatakan kalau Direktur Utama PT Optima Kharya Capital Securities, Harjono Kesuma melarikan diri ke luar negeri. Harjono merupakan tersangka kasus penggelapan dana nasabah Optima.

“Saya dengar berita itu. Saya belum tahu benar atau tidak. Tapi jika benar, saya turut prihatin,” jelas Kepala Bapepam, Fuad Rahmany saat ditemui di Hotel Sari Pan Pacific, Jalan MH Thamrin Jakarta, Senin (12/4/2010).

Menurut Fuad, Bapepam tidak mempunyai kewenangan khusus jika suatu tersangka kasus penggelapan dana nasabah, bisa kabur dari Indonesia.

Namun ia memang menyayangkan jika benar Bos Optima tersebut pergi ke luar negeri. Sebelumnya, Bareskrim Mabes Polri meminta Ditjen Imigrasi untuk mencekal Direktur Utama PT Optima Kharya Capital Securities, Harjono Kesuma terkait kasus penggelapan dana nasabah-nasabah grup Optima.

“Saya inginkan kalau cekal, cekal beneran. Bapepam tidak punya pasukan seperti polisi. Kita bisa hanya lapor ke Polisi dan Polisi meminta cekal resmi kepada Ditjen Imigrasi. Semua ada bagian-bagiannya,” tegas Fuad.

Berdasarkan informasi yang diterima detikFinance, permintaan cekal dilakukan lantaran pihak kepolisian khawatir Harjono akan melarikan diri ke luar negeri. Selain itu, pencekalan bertujuan untuk kepentingan penyidikan.

Surat pencekalan telah dilayangkan ke Ditjen Imigrasi bertanggal 15 Februari 2010. Namun Ditjen Imigrasi belum mengeluarkan surat cekal secara resmi.

Ketika dikonfirmasi, Eggi Sudjana, pengacara yang ditunjuk Harjono mengaku belum mengetahui posisi terakhir dari kliennya tersebut.

“Sudah 5 hari lebih saya tidak ada kontak dengan Harjono. Saya juga tidak tahu dia kemana,” ujarnya.

Harjono juga telah ditetapkan secara resmi menjadi tersangka atas kasus penggelapan dana PT AJB Bumiputera senilai Rp 300 miliar oleh Bareskrim.

AJB Bumiputera merupakan salah satu nasabah PT Optima Kharya Capital Management, perusahaan terafiliasi dengan Optima Securities yang dipimpin oleh Harjono. Dana nasabah yang gagal ditarik dari grup Optima ditaksir mencapai Rp 1 triliun.

Grup Optima diduga telah melakukan penggelapan dana nasabah. Dana AJB Bumiputera yang nyangkut di grup Optima mencapai Rp 300 miliar.

Selain Bumiputera, nasabah-nasabah lain institusi Optima lainnya seperti PT Kereta Api, anak usaha PT Krakatau Steel, Yayasan Kesejahteraan BRI, RRI, serta PT Jakarta Properti (Jakpro). Sedangkan perusahaan swasta adalah PT Asuransi Jiwa Nusantara, pengelola hotel (Twin Hotel) dan sebagainya.

Sebelumnya, pemilik PT Penta Widjaja Investindo, Robert Wijaya juga melaporkan Harjono Kesuma kepada kriminal khusus Polda Metro Jaya melalui kuasa hukumnya terkait penggelapan sejumlah saham yang dititipkan oleh Robert di PT Optima Kharya Capital Securities senilai Rp 100 miliar.

Penta Widjaja merupakan pemegang 37,31% saham PT Tiga Raksa Satria Tbk (TGKA). Nilai saham milik Robert yang digelapkan Harjono mencapai Rp 100 miliar, antara lain saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) dan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) dan sebagainya.

Polda Jabar juga telah menetapkan Direktur Utama PT Optima Kharya Asset Management Antonius Siahaan sebagai tersangka terkait penggelapan dana PT Kereta Api.

(dro/dro)

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: