Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

April 16, 2010

bilang aja dah, kalo ga punya doku: kasus b-life 160410

Filed under: Utang Bumi & Grup — bumi2009fans @ 1:58 pm

Jumat, 16/04/2010 16:44 WIB
Bapepam Panggil Lagi Bakrie Life Pekan Depan
Whery Enggo Prayogi – detikFinance

Jakarta – Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) akan memanggil manajeman serta pemegang saham Bakrie Life pada pekan mendatang. Pemanggilan ini terkait dengan tidak dipenuhinya janji perseroan dalam melakukan kewajiban pelunasan cicilan dana pokok nasabah Diamond Investa mulai Maret 2010.

Demikian disampaikan Kepala Perasuransian Bapepam-LK Isa Rachmatarwata saat ditemui di kantornya, Jalan Wahidin Raya, Jakarta, Jumat (16/5/2010).

“Insya Allah awal minggu depan kami akan panggil. Termasuk pemegang sahamnya untuk meminta keterangan dan meminta mereka untuk segera melaksanakan apa yang mereka janjikan itu,” tegas Isa.

Manajemen Bakri Life memang pernah menjanjikan pengembalian dana pokok nasabah dalam tiga tahap. Sebanyak 25% pada 2010, 25% pada 2011, dan 50% pada 2012. Khusus untuk skema yang dijanjikan pada 2010 masing-masing akan dilakukan pada bulan Maret, Juni serta Desember senilai masing-masing 6,25%.

Namun, hingga kini manajemen masih menunggu kucuran dana dari PT Bakrie Capital Indonesia (BCI) selaku kuasa pemegang saham. Sayangnya, hingga bulan April 2010, cicilan pertama pun belum dibayarkan perusahaan.

“Dari pemantauan kami, sampai tadi pagi nampaknya peluang itu semakin menipis untuk mereka lakukan sampai akhir minggu ini. Sebelumnya kan mereka janji paling lambat minggu ini,” jelas Isa.

Ia menambahkan, Bapepam memang berniat bertahan untuk tidak mencabut izin operasi Bakrie Life dengan tujuan untuk memantau “performance”, atau janji mereka melunasi utang.

“Kalau perpanjangan waktu atau keleluasaan ini juga ternyata pelaksanaannya tidak ada, itu kan jadi enggak ada artinya lagi. Jadi mau dicabut atau tidak dicabut, intinya kalo mereka wanprestasi ya sudah,” paparnya.

Pencabutan usaha, tambahnya, bukan sesuatu yang baik. Untuk itu Bapepam juga akan berkomunikasi dengan nasabah. Setelahnya baru wasit pasar modal ini akan kembali bertemu dengan manajemen Bakrie Life.

(wep/ang)
Kamis, 15/04/2010 16:40 WIB
Bakrie Life Belum Punya Uang Untuk Bayar Dana Nasabah
Herdaru Purnomo – detikFinance

Jakarta – Manajemen PT Asuransi Jiwa Bakrie (Bakrie Life) masih menunggu kucuran dana dari Bakrie Capital Indonesia (BCI) untuk membayarkan cicilan dana pokok nasabah Diamond Investa sebesar Rp 22,5 miliar atau 6,25% dari total dana pokok nasabah.

Padahal, manajemen menjanjikan pengembalian dana pokok sebesar 25% tahun 2010 yang dicicil sebanyak empat kali dan dimulai pada bulan Maret 2010.

Direktur Utama Bakrie Life Timoer Sutanto mengatakan saat ini pihak manajemen masih menunggu kucuran dana dari BCI yang terhambat karena ada masalah teknis.

“Belum dibayarkan (Dana Nasabah Tahap I) karena masih menunggu droping dari BCI. Info dari BCI menyebutkan ada masalah teknis sehingga ada keterlambatan drawdown dari kreditur ke BCI,” papar Timoer ketika dihubungi detikFinance di Jakarta, Kamis (15/04/2010).

Timoer menambahkan, BCI menyarankan agar manajemen Bakrie Life mengkomunikasikan masalah ini kepada para nasabahnya. “Mudah-mudahan cepat selesai, kami diminta sabar dan mengkomunikasikan kepada nasabah karena pasti terbayar semua tahap I,” tegas Timoer.

Dalam waktu dekat, lanjut Timoer manajemen pasti akan merealisasikan pembayaran tahap pertama nasabah Diamond Investa. “Hanya butuh waktu yang tidak terlalu lama,” ujarnya tanpa memberitahukan kepastian tanggal.

Nasabah Diamond Investa Bakrie Life saat ini masih gusar menunggu cicilan dana mereka dibayarkan. Salah seorang nasabah mengakui bahwa sampai saat ini merasa cemas karena Manajemen Bakrie Life tidak menepati janjinya.

“Sampai sekarang belum dibayarkan, padahal kita menunggu terus. Karena pada awalnya mereka (manajemen) menjanjikan pada bulan Maret 2010 sesuai dengan SKB (Surat Kesepakatan Bersama),” tutur nasabah yang tidak ingin disebutkan namanya tersebut.

Ia mengatakan, para nasabah telah menunggu satu tahun lebih sejak ditandatanganinya SKB tersebut. “Apakah sudah ada dananya atau tidak? Atau jangan-jangan hanya janji-janji palsu saja,” kata dia.

Sebagaimana diketahui, manajemen Bakrie Life menawarkan skema pengembalian dana pokok sebesar 25% di 2010, 25% di 2011, dan sisanya 50% di 2012. Sebanyak 25% pada tahun 2010 dibayar empat kali setiap akhir triwulan, demikian juga pada tahun 2011, dan sisanya 50% di Januari 2012. Angsuran pokok sesuai skema tersebut, lanjut Timoer akan mulai dibayarkan pada akhir bulan Maret 2010.

Untuk diketahui Bakrie Life menderita gagal bayar produk asuransi berbasis investasi dengan nama Diamond Investa sebesar Rp 360 miliar.

Skema pembayaran Angsuran Pokok dana tersebut yakni Maret 2010 (6,25%), Juni 2010 (6,25%), September 2010 (6,25%), Desember 2010 (6,25%), Maret 2011 (6,25%), Juni 2011 (6,25%), September 2011 (6,25%), Desember 2011 (6.25%), dan terakhir pada Januari 2012 (50%).

(dru/dnl)

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: