Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

April 27, 2010

skandal optima: napa ga taon depan sekalean … 270410

Filed under: OPTIMA under scrutinies — bumi2009fans @ 5:57 pm

Selasa, 27 April 2010 | 17:12

KASUS KPD OPTIMA

Verifikasi Optima Rampung Bulan Depan

JAKARTA. Bagi Anda yang masih tercatat sebagai nasabah PT Optima Kharya Capital Securities (OKCS), sebaiknya segera melaporkan kepemilikan saham yang masih tersangkut di sekuritas yang dikomandani Harjono Kesuma itu. Pasalnya, tim pengawas verifikasi yang terdiri dari seluruh Self Regulatory Organizations (SRO’s) memberikan tenggat waktu proses verifikasi hingga dua minggu ke depan.

Direktur Utama Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) Yunus Hoesein mengatakan, tim pengawas hanya akan menerima laporan klaim dari nasabah sampai minggu pertama bulan depan. “Kami sengaja mempercepat proses verifikasi, supaya masalah ini cepat selesai,” ujarnya, Selasa (27/4).

Sekedar mengingatkan, pekan lalu tim pengawas telah mengirimkan surat pemberitahuan kepada seluruh nasabah OKCS agar segera melaporkan kepemilikan dana mereka dalam bentuk saham. “Jadi saat ini, kami belum memegang total nilai saham yang masih tersimpan, karena itu tergantung klaim dari nasabah,” imbuh Urip Budi Prasetyo, Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan Bursa Efek Indonesia (BEI).

Ade Jun Firdaus kontan
Regulator bentuk tim verifikasi nasabah Optima
Selasa, 27/04/2010 17:28:59 WIBOleh: Irvin Avriano
JAKARTA (Bisnis.com): Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) dan self regulatory organization (SRO) membentuk tim pengawas verifikasi nasabah PT Optima Kharya Capital Securities.

Direktur Utama PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) Hoesen mengatakan tim itu akan mengawasi proses verifikasi yang dilakukan broker dari Optima Securities dalam mendata kembali aset masing-masing nasabah.

“Tim yang dibentuk hanya sebagai pengawas proses verifikasi yang dilakukan broker Optima Securities, bukan kami yang melakukan verifikasi,” ujarnya kepada pers di Gedung Bapepam-LK sore ini.

Hal itu disampaikan Hoesen setelah rapat terbatas yang dihadiri beberapa pejabat Bapepam-LK dan SRO lain yaitu PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini.

Dia mengatakan verifikasi yang dilakukan masih berupa saham dan efek lain milik nasabah dan bukan dana karena untuk memverifikasi dana lebih sulit. Kesulitan itu disebabkan rekening dana nasabah dan sekuritas masih disatukan.

Menurut dia, suspensi yang dilakukan kepada perusahaan efek itu merupakan hal yang dibutuhkan untuk mempermudah pemeriksaan dan verifikasi. “Intinya seperti proses Sarijaya [PT Sarijaya Permana Sekuritas] dulu, tetapi yang ini nasabahnya lebih sedikit. Kalau tidak disuspensi nanti ada yang keluar-masuk bisa membuat lebih sulit lagi.”

Dia menjelaskan SRO kurang terlibat untuk masalah kontrak pengelolaan dana (KPD/discretionary fund) anak usaha Optima Securities, PT Optima Kharya Capital Management, karena sudah ditangani Bapepam-LK.(yn)

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: