Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Mei 3, 2010

bumi, lapkeu mu itu tukh … 030510

Filed under: Terkait BUMI&GRUP — bumi2009fans @ 11:03 am

03/05/2010 – 09:00
BUMI Masih Layak Dikoleksi Pekan Ini
Mosi Retnani Fajarwati

(inilah.com/Agung Rajasa)
INILAH.COM, Jakarta – Kendati bergerak terbatas sepekan kemarin, saham PT Bumi Resources (BUMI) masih layak dikoleksi pekan ini. Sentimen kenaikan harga minyak dan ekspektasi kinerja kuartal pertama menjadi katalisnya.

Demikian ungkap pengamat pasar modal Willy Sanjaya, kepada INILAH.COM. Menurutnya, kenaikan harga minyak akan berimbas pada tingginya harga batubara dunia. Kondisi ini akan berimbas positif pada kinerja perseroan. “Kami rekomendasikan buy BUMI untuk jangka pendek dan menengah,” katanya.

Aksi korporasi BUMI secara tidak langsung telah mengerek naik acuan harga jual batubara dunia. Anak usaha Bakrie ini baru saja menandatangani kontrak dengan salah satu perusahaan terbesar Jepang untuk pengiriman batubara senilai US$113 per ton FOB, selama setahun.

Kontrak batubara yang di atas rata-rata US$6 per ton pada indeks GCNEWC tersebut dilakukan melalui anak perusahaan BUMI, PT Kaltim Prima Coal (KPC) dan akan berlangsung sejak April 2010 sampai Maret 2011. Sebelumnya, KPC juga telah menandatangani kontrak pengiriman batubara thermal basis 6.700 HAD (6.322 GAR) senilai US$104 per ton FOB juga dengan perusahaan Jepang, untuk 12 bulan ke depan.

Tingginya harga batubara juga didukung penjualan batubara perseroan, yang per kuartal pertama 2010, telah mencapai 16 juta ton, meningkat 41,6% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sementara penjualan tahun ini ditargetkan mencapai 64 juta ton, atau lebih tinggi 10,3% dari realisasi penjualan 2009 sebesar 58 juta ton.

Manajemen perseroan menyatakan, baru akan menyampaikan laporan keuangan kuartal I 2010 paling lambat akhir Mei ini. “Diharapkan pertumbuhannya lebih baik dari periode tahun lalu,” ujar Willy.

rumor: utank bumi mo direnego cic

Selain itu, imbuh Willy, rencana kedatangan China Investment Corporation (CIC) ke Indonesia pada pecan depan, juga memberi sentimen positif bagi pergerakan sahamnya. “Ada kabar CIC akan menego utang BUMI dalam bunga, mungkin akan ada diskon utang BUMI,”pungkasnya.

Di sisi lain, analis Ciptadana Aset Manajemen, Muhammad Karim memprediksikan saham BUMI hari ini akan bergerak terbatas. Investor masih mempertanyakan kinerja perseroan, terutama terkait kasus pajak. “BUMI mulai banyak ditinggal foreign investor karena governance yang tidak transparan dan kasus pajak itu,” ujarnya.

Kendati demikian, menurut Karim, fair value untuk saham BUMI sebenarnya mencapai level 4.000 secara fundamental. Emiten primadona ini pun akan bergerak pada kisaran Rp2.250-2.450.” Investor sebaiknya wait and see dulu atas BUMI,”ucapnya.

Pada penutupan perdagangan Jumat (30/4) akhir pekan lalu, BUMI ditutup menguat Rp50 ke Rp2.375.Sedangkan sepekan kemarin, BUMI berhasil membukukan kenaikan tipis 2,15%, dengan pergerakan cenderung stabil di kisaran 2.250 hingga 2.400. [ast/mdr]

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: