Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Mei 3, 2010

peringatan imf dicermati, elty diwapadai analis … 030510

Filed under: ELTY, jalan tol n properti — bumi2009fans @ 8:06 am

03/05/2010 – 06:54
Rekomendasi Saham
Ayo Trading Perbankan & Properti
Natascha & Asteria

(inilah.com/Agus Priatna)
INILAH.COM, Jakarta – Penguatan bursa masih berlanjut awal pekan ini. Rekomendasi positif bagi saham yang masih murah seperti sektor perbankan BBNI, dan saham properti BKSL dan ELTY.

Saiful Adrian, analis pasar modal dari Ciptadana Securities memprediksikan, bursa pada perdagangan Senin (3/5) ini, masih bisa melanjutkan penguatan mengarah ke level 3.000.

“Hal ini ditopang apresiasi saham unggulan, seperti PT Bank Central Asia (BBCA), PT Telekomunikasi Indonesia (TLKM) dan PT Astra International (ASII).”katanya kepada INILAH.COM.

Menurutnya, daya tarik saham ASII berasal dari pendapatan penjualan yang di atas ekspektasi pasar. Demikian juga sektor perbankan yang dinilai masih prospektif, terkait hasil kinerjanya yang positif. Hal ini mengingat rata-rata NIM (pendapatan bunga bersih) perbankan yang meningkat. “Ini menunjukkan masih adanya eforia dari perbankan BUMN,”paparnya.

Sentimen positif bursa juga didukung derasnya aliran dana ke Asia. Meski IMF memberi peringatan, bahwa derasnya aliran dana yang masuk membuka potensi overheating. Namun, dana masuk ini masih terus terjadi. Pasalnya, tidak ada pilihan investasi di Eropa. “Sedangkan AS masih menerapkan bunga rendah, sehingga aset yang ditawarkan tidak menarik,” paparnya.

Untuk saham perbankan, Saiful merekomendasikan PT Bank Negara Indonesia (BBNI). Ia menilai, di level saat ini, saham BBNI paling murah di antara bank lainnya. Ini berarti, peluang penguatan saham ini masih terbuka lebar. “Emiten ini akan menuju Rp3.000. Trading buy BBNI,” ujarnya.

Ia menilai, laporan keuangan kuartal pertama 2010 BBNI menunjukkan adanya ekspansi kredit. Apalagi perseroan akan memprioritaskan upaya penambahan modal dengan right issue, baru private placement oleh pemerintah. Adapun penambahan modal perlu dilakukan, mengingat CAR (Capital Adequacy Ratio) BBNI yang sudah di level 10%, akibat gencarnya pengucuran kredit perseroan.

Right issue pun dianggap Saiful tidak akan menimbulkan sentimen negatif, ketimbang opsi lain, seperti sub debt. Apalagi dengan karakter BBNI sebagai bank penyedia kredit. Pasalnya, dana hasil right issue akan digunakan kembali oleh perseroan untuk ekspansi dan menambah daya pelemparan kreditnya.

Selain perbankan, saham lain yang juga masih menarik berasal dari sektor properti. Menurut Saiful, pergerakan yang signifikan di sektor perbankan pekan kemarin, akan diikuti saham properti. “Dengan beberapa emiten properti yang sudah mahal, seperti saham grup Ciputra, sebaiknya investor memilih saham yang masih tertinggal seperti PT Sentul City (BKSL) dan PT Bakrieland Development (ELTY),”pungkasnya.

Saat ini, perbankan mulai meluncurkan Kredit Perumahan Rakyat (KPR) dengan bunga rendah. Ini membawa sentimen positif untuk saham properti, yang kebanyakan penjualan unitnya tergantung bunga KPR. Sektor properti pun makin agresif memasarkan unit tahun ini. [mdr]

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: