Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Mei 11, 2010

asal ga overconfidence aja, ya, bumi … 110510

Filed under: BURSA bumi — bumi2009fans @ 10:35 pm

WAWANCARA
11/05/2010 – 10:10
Willy Sanjaya
Ical Ketua Koalisi Positif bagi BUMI

INILAH.COM, Jakarta – Saham BUMI, Selasa (11/5) diprediksikan menguat. Pasar merespon positif pengangkatan Aburizal Bakrie jadi ketua harian partai koalisi pemerintah. Strong buy BUMI!

Pengamat pasar modal, Willy Sanjaya mengatakan, salah satu penopang penguatan BUMI adalah positifnya sentimen market. Sebab, market juga mendapat dukukangan dari faktor Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie (Ical) sebagai pemilik Bakrie Group yang telah didaulat menjadi ketua harian sekretariat bersama partai-partai anggota koalisi pemerintahan.

Pasar merespons positif karena pemerintahan dinilai akan semakin kuat dalam menjalankan program-program yang dirancangnya. “Oposisi pun semakin melemah sebab Golkar berkoalisi dengan pemerintah,” katanya kepada Ahmad Munjin dari INILAH.COM, di Jakarta.

Pada perdagangan Senin (10/5), saham BUMI menguat Rp175 (7,60%) ke level Rp2.475 dibandingkan akhir pekan lalu di level Rp2.300. Harga tertingginya mencapai Rp2.500 dan terendahnya Rp2.325. Sedangkan volume transaksi mencapai 471,7 juta unit saham senilai Rp1,1 triliun dan frekuensi 9.074 kali. Berikut ini wawancara lengkapnya:

Setelah kemarin naik di atas 7%, bagaimana Anda memperkirakan pergerakan saham BUMI hari ini?

Saya melihat potensi penguatan terbuka lebar di saham BUMI. Salah satunya dipicu oleh positifnya sentimen market. Sebab, semua pasar Eropa sudah bergerak positif hingga 6% kemarin sore. Bursa Prancis bahkan mencapai 7% dan IHSG ^JKSE pun tak ketinggalan menguat tajam hingga di atas 4%. Demikian juga dengan Bursa Jerman yang naik 4%. Karena itu, sentimen market, akan signifikan menopang penguatan saham BUMI hari ini.

Positifnya pergerakan bursa baik regional maupun domestik dipicu oleh intervensi besar-besaran dari European Central Bank (ECB), International Monetary Fund (IMF) dan sejumlah bank sentral lainnya di Eropa. Semua lembaga keuangan itu, sudah siap menggelontorkan uang senilai €720 miliar atau US$960 miliar, hampir mencapai US$1 triliun melalui berbagai instrumen untuk mengantisipasi penyebaran krisis Yunani ke negara Uni Eropa lainnya.

Akan bergerak di kisaran berapa?

Level resistance Rp2.475 sudah terpecahkan sehingga BUMI berpeluang mengarah ke level resistance berikutnya di angka Rp2.600 hari ini dan Rp2.425 sebagai level support-nya.

Bagaimana dengan dipilihnya Aburizal Bakrie sebagai ketua koalisi?

Itu juga. Penopang penguatan BUMI juga karena Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie sebagai pemilik Bakrie Group telah didaulat menjadi ketua harian sekretariat bersama partai-partai anggota koalisi pemerintahan. Pasar merespons positif karena pemerintahan dinilai akan semakin kuat dalam menjalankan program-program yang dirancangnya. Oposisi pun semakin melemah sebab Golkar berkoalisi dengan pemerintah.

Pada saat yang sama, desas-desusnya persoalan pajak BUMI sudah selesai. Terlepas dari itu, dengan diangkatnya Aburizal Bakrie pun sebagai ketua koalisi menunjukan adanya kesepahaman antara Partai Golkar dengan Partai Demokrat yang merupakan partai pemerintah. Karena itu, jaringan pemerintah semakin kuat sehingga positif bagi pasar.

Faktor lain?

Di lain pihak, pertumbuhan ekonomi kuatal pertama 2010 sudah dirilis dengan angka yang sangat positif di level 5,7% dibandingkan kuartal IV 2009 di angka 5,4%. Karena itu, semua faktor mendukung penguatan indeks termasuk saham PT Bumi Resources. Sebab, regional positif di tengah bagusnya pertumbuhan ekonomi RI.

Bagaimana dengan koreksi harga minyak ke level US$77 saat ini?

Menurut saya, harga minyak mentah dunia pun, terbuka lebar kembali menguat ke level di atas US$80 per barel . Otomatis, keadaan ini sangat positif bagi pergerakan BUMI. Sebab, secara grafik pun, pergerakan harga minyak masih terus menanjak.

Lantas, apa rekomendasi Anda untuk BUMI?

Saya rekomendasikan strong buy untuk BUMI dengan target Rp3.300 menjelang akhir 2010. Saya perkirakan di awal bulan 8 (Agustus) harga itu akan tercapai. [jin/ast]

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: