Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Mei 17, 2010

bumi mo DISETGABKAN (diset gabrukkan) : 170510

Filed under: Utang Bumi & Grup — bumi2009fans @ 9:43 pm

Senin, 17/05/2010 20:15 WIB
Moody’s Bersiap Turunkan Peringkat BUMI
Whery Enggo Prayogi – detikFinance

Jakarta – Moody’s Asia Pacific Ltd. menyampaikan kemungkinan untuk menurunkan peringkat dari PT Bumi Resources Tbk (BUMI) dari Ba3. Penurunan peringkat juga dimungkinkan untuk obligasi yang diterbitkan Bumi Capital Pte. Ltd, yang sepenuhnya dijamin oleh BUMI. Hal ini dilakukan karena naiknya risiko utang perseroan dan penurunan kinerja BUMI.

Demikian disampaikan Moody’s Vice President dan Senior Credit Officer Laura Acres dalam rilisnya yang diterima detikFinance di Jakarta, Senin (17/5/2010).

“Langkah ini dilakukan akibat penurunan kinerja keuangan BUMI dan likuiditas yang tinggi serta risiko refinancing pada perusahaan induk (BNBR),” ujar Acres.

“Ratio modal terhadap laba di tahun 2009 lebih tinggi dari yang diperkirakan, seperti penurunan peringkat dan pelanggaran (headroom under covenants eroded). Kami berharap kinerja dapat diperbaiki di tahun ini perseroan masih menempatkan posisi yang lebih rendah dari perhitungan Moody’s,” jelasnya.

Perolehan kas perseroan masih disumbang oleh dua perusahaan batubara besar di Indonesia, KPC dan Arutmin. Namun hal ini tidak bisa menutup utang yang tercatat di neraca perseroan dalam 12 bulan ke depan.

“Khususnya utang yang jatuh tempo di triwulan IV-2010 sebesar US$ 578 juta, dan US$ 150 juta utang obligasi jangka menengah dan obligasi konversi induk usaha, BUMI sebesar US$ 428 juta, termasuk premi,” ujar Acres.

BUMI juga memiliki saham treasury sebesar US$ 128 juta dan siap dicairkan untuk kebutuhan dana perseroan. Moody’s menilai saham ini punya tingkat ketidakpastian yang tinggi dalam eksekusinya.

Moody’s tetap akan memantau pergerakan pengurangan utang dan aksi refinancing di perusahaan induk, PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR).

Langkah ini juga untuk menilai kemampuan BUMI dalam mengkonsolidasikan proyeksi kinerja perseroan dan mengembangkan cushion di bawah perjanjian financial.

(wep/dnl)

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: