Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Mei 19, 2010

skandal optima: ayo buruan bayaR(p)r(up)R(p)rrr … 190510

Filed under: OPTIMA under scrutinies — bumi2009fans @ 4:19 pm

Rabu, 19/05/2010 11:01 WIB
Klaim 100 Nasabah Optima Diselesaikan Pekan Ini
Indro Bagus – detikFinance

Jakarta – Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) segera menyelesaikan klaim 100 nasabah PT Optima Kharya Securities pada pekan ini.

“Dari 240 klaim nasabah Optima yang sudah masuk ke kita, setelah diverifikasi, hampir setengahnya, sekitar 100-an akan segera diselesaikan,” ujar Direktur Pengawasan BEI, Uriep Budhi Prasetyo di Ritz Carlton Pacific Place, SCBD, Jakarta, Rabu (19/5/2010).

Menurut Uriep, total rekening efek nasabah yang tercatat di Optima sebanyak 400 rekening. Dari jumlah tersebut, sebanyak 240 rekening efek sudah mengajukan klaim ke BEI.

“Kita sedang memproses 240 klaim yang sudah masuk. Harus kita cocokkan dengan data di KSEI. Sejauh ini yang sudah klop sekitar 100-an. Itu yang akan kita selesaikan lebih dahulu,” ujarnya.

Sementara sekitar 140 sisanya masih dalam proses pencocokan data. Uriep mengatakan, BEI tidak bisa menunggu semua pencocokan data nasabah selesai.

“Kita selesaikan bertahap. Rekening yang datanya sudah cocok akan diselesaikan lebih dahulu. Sisanya menyusul,” ujarnya.

Optima Securities dikenai sanksi suspensi sejak akhir Oktober 2009 lantaran adanya dugaan penggelapan dana nasabah oleh manajemen perseroan. Bapepam, BEI, KSEI dan KPEI tengah memproses data-data yang ada dalam perusahaan tersebut guna menyelesaikan klaim nasabah.
(dro/dnl)

Ada Selisih Rp258 Miliar di Rekening Nasabah Optima
Rabu, 19 Mei 2010 – 18:27 wib

Widi Agustian – Okezone

JAKARTA – Otoritas bursa menemukan adanya selisih nilai rekening efek sebesar Rp258 miliar milik nasabah di PT Optima Kharya Securities (OKCS).

“Selisih yang ada Rp258 miliar. Tapi itu berdasarkan nilai pasar per 29 maret,” jelas Ketua Bapepam-LK Fuad Rahmany saat bertemu wartawan di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (19/5/2010).

Sekarang ini sebanyak 240 pemilik rekening efek telah mengajukan klaim. Sebanyak 110 rekening telah selesai diverifikasi, dan bakal segera dilunasi paling tidak pada pekan ini.

“Akan dikembalikan ke sekuritas lain, berdasarkan keputusan dari nasabah,” kata Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan Bursa Efek Indonesia (BEI) Uriep Budhi Prasetyo.

Sementara sisanya, sebanyak 130 pemilik rekening masih diusahakan untuk ditelusuri. “Yang 130 rekening belum tahu, menjadi last priority,” ucap Uriep.

Dia menjelaskan jika perusahaan efek ini belum akan dicabut izinnya. Walau perusahaan sudah disuspensi selama enam bulan, sejak Oktober 2009 lalu. “Kalau kita cabut berarti kita lepas tangan, kan kita masih menyelidiki,” imbuhnya.

Di sisi lain, Fuad mengatakan jika pihaknya juga mengangani kisruh efek nasabah di Optima Kharya Capital Management (OKCM). Walau demikian, dia mengatakan jika penyelesaian telah dilakukan antara nasabah dengan aset managemen tersebut.

“Sedang ditangani, penyelesaian secara bilateral. Kita tidak mau masuk dulu karena itu. mereka kan janjian, jadi mereka langsung berhubungan,” tukas Fuad.(ade)

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: