Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Mei 22, 2010

investor dirayu elty, banget dah : 210510

Filed under: ELTY — bumi2009fans @ 12:39 am

Jumat, 21/05/2010 20:44:11 WIB
Rights issue ELTY dilusi 63% pemegang saham
Oleh: Irvin Avriano A.

JAKARTA (Bisnis.com): Kepemilikan pemegang saham PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) diprediksi terdilusi sebesar 63,01% dibandingkan dengan posisi awal jika tidak mengeksekusi haknya dalam proses penawaran umum terbatas (PUT/rights issue) emiten.

Demikian data yang telah diungkapkan dalam prospektus ringkas yang diumumkan perseroan hari ini.

“Namun, dilusi itu seharusnya bukan menjadi perhatian investor karena seharusnya investor menghitung nilai di masa depan yang kemungkinan terus menguat karena kondisi perusahaan yang semakin maju,” ujar Direktur Utama Bakrieland Hiramsyah Sambudhy Thaib kepada pers hari ini.

Rencananya, perusahaan akan menggunakan 35,31% dana rights issue senilai Rp5,42 triliun itu untuk membeli saham PT Bukit Jonggol Asri, atau senilai Rp1,91 triliun.

Dengan akuisisi sebesar 51% saham Bukit Jonggol, perseroan akan mengelola perusahaan, sehingga memperkaya lahan yang siap digarap perseroan dan akan diintegrasikan dengan proyek perseroan lain yang sekawasan, yaitu Lido dan Bogor Nirwana.

Perseroan juga berniat menggunakan dana sebesar 23,08% dana itu atau sebesar Rp1,25 triliun untuk menambah modal PT Bakrie Infrastruktur.

Dana Bakrie Infrastruktur itu akan digunakan PT Bakrie Toll Road untuk mengambil alih saham anak usahanya di PT Graha Multitama Sejahtera dan PT Karya Perkasa Insani.

Dana Bakrie Infrastruktur itu juga akan dipinjamkan kepada PT Trans Jabar Tol yang dapat dikonversi menjadi saham untuk biaya pengembangan jalan tol Ciawi-Sukabumi.

Hiramsyah mengatakan perseroan optimistis right issue itu akan terserap pelaku pasar mengingat harga yang ditetapkan pada level yang relatif rendah, sebesar Rp160, jauh di bawah nilai aset perseroan per saham (net asset value/NAV) yang saat ini mencapai Rp580.

Perseroan, tuturnya, juga memprediksi pendapatannya mencapai Rp10,58 triliun tahun depan, atau sebesar 50% dari posisi akhir tahun lalu pada tahun depan akibat proyek yang dikerjakan perseroan tahun ini.

Hiramsyah mengatakan pencapaian itu diprediksi dapat teralisasi setelah proses akuisisi lahan baru dan rampungnya beberapa proyek jalan tol perseroan.

“Saat ini kami melihat pembangunan jarang dilakukan perusahaan lain, sehingga tahun depan kami akan lebih dulu dibandingkan pelaku industri yang lain.”

Dia mengatakan lahan baru di daerah Bogor, terutama yang akan dibeli perseroan melalui PT Bukit Jonggol Asri, akan dikembangkan sehingga terintegrasi dengan kawasan lain yang sudah dikembangkan perusahaan lebih dulu di Lido dan Bogor Nirwana.

Pembelian Bukit Jonggol akan menggunakan dana dari proses penawaran umum terbatas (PUT/rights issue) IV yang akan digelar perseroan dalam waktu dekat.

Harga saham perseroan yang berkode ELTY itu ditutup terkoreksi 12,15% ke level Rp159 dan membentuk kapitalisasi sahamnya sebesar Rp3,17 triliun. (wiw)

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: