Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Mei 26, 2010

new b(ayar)u(tank)mi … 260510

Filed under: BURSA bumi — bumi2009fans @ 11:11 pm

Bumi akan bayar sebagian pinjaman ke CIC
Rabu, 26/05/2010 14:36:30 WIBOleh: Irvin Avriano A.
JAKARTA(Bisnis.com): PT Bumi Resources Tbk akan menggunakan dana US$500 juta dari penawaran umum terbatas tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (tanpa HMETD/nonpreemptive rights) sebesar 10% untuk melunasi sebagian pinjaman dari China Investment Corporation (CIC).

“Kami akan mengeluarkan maksimal seperti dalam ketentuan Bapepam-LK yaitu sebesar 10%,” ujar Direktur Utama Bumi Ari Saptari Hudaya kepada pers siang ini.

Ari berhasil ditemui setelah rapat umum pemegang saham tahunan dan paparan publik PT Energi Mega Persada Tbk, perusahaan lini minyak dan gas Grup Bakrie karena dia juga menjadi komisaris utama di perusahaan itu.

Ketentuan itu tercantum di dalam peraturan Bapepam-LK No.IX.D.4 tentang Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Terlebih Dahulu.

Dalam peraturan itu, setiap emiten dibolehkan melakukan aksi serupa tanpa persetujuan Bapepam-LK, sehingga hanya membutuhkan persetujuan dari pemegang sahamnya melalui rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB).

Dia mengatakan perseroan belum dapat menyebutkan pembeli saham yang baru diterbitkan perseroan itu dan harus menunggu proses RUPSLB berlangsung.

Menurut dia, perseroan tidak hanya ingin melunasi utang sebesar US$500 juta, tetapi juga berkeinginan untuk melunasi utangnya sebesar US$500 juta lagi, sehingga perseroan menggenapkan target pengurangan utangnya sebesar US$1 miliar hingga akhir tahun ini.

Ari juga menegaskan dana dari penambahan modal tanpa HMETD itu itu akan digunakan untuk melunasi utang, salah satunya dari CIC.

Saat ini perseroan masih memiliki total utang sebesar US$3,4 miliar, tetapi dia tidak mengungkapkan cara perusahaan melunasi sisa utangnya itu.

Saat ini perseroan telah memasukkan pemberitahuan kepada Bapepam-LK selaku otoritas pasar modal.

Kemarin, Kepala Biro Penilaian Keuangan Perusahaan Sektor Riil Bapepam-LK Anis Baridwan membenarkan perseroan telah memberitahukan salah satu agenda RUPSLB itu kepadanya. Dia juga membenarkan syarat di dalam nonpreemptive rights itu lebih longgar dibandingkan syarat rights issue karena bertujuan memudahkan emiten melakukan aksi korporasi.

Harga saham perseroan menguat sebesar 14,03% siang ini ke level Rp1.950 dan membentuk kapitalisasi pasar saham perseroan sebesar Rp37,83 triliun. Sebelumnya, harga saham emiten berkode BUMI itu anjlok berturut-turut sebesar 29,48% dari posisi Rp2.450 pada 19 Mei ke level Rp1.710 kemarin. (wiw)
Cetak Kirim

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: