Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Mei 27, 2010

bumi dan bapepam lk, saham baru terbayang … 270510

Filed under: BURSA bumi — bumi2009fans @ 6:07 pm

Bapepam Terima Usulan HMETD Bumi Resources
Kamis, 27 Mei 2010 – 17:23 wib

Candra Setya Santoso – Okezone

JAKARTA – Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) telah menerima draf usulan penambahan modal tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) PT Bumi Resources Tbk (BUMI) yang dijadwalkan tahun ini senilai Rp4 triliun-Rp5 triliun.

Hal tersebut ditegaskan Ketua Bapepam-LK Fuad Rahmany, saat ditemui wartawan di Gedung BI, Jakarta, Kamis (27/5/2010). “Sudah diterima, di jajaran level teknis. Kalau saya belum mengeceknya, nanti mungkin,” ujarnya.

Pihaknya berjanji, akan meneliti lebih cermat atas aksi korporasi perseroan. Pasalnya, kabar tersebut menguncang pasar, bahkan saham perseroan tergerus dalam hingga 30 persen.

Sekadar mengingatkan, penerbitan penawaran umum terbatas tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (tanpa HMETD/nonpreemptive rights) akan dianggarkan untuk membayar utang sebanyak USD1 miliar tahun ini. Tercatat, total utang perseroan saat ini mencapai USD3,4 miliar.

“Ada kemungkinan kita mengeluarkan maksimal 10 persen, seperti dalam ketentuan Bapepam,” kata Direktur Utama Bumi Ari Saptari Hudaya, beberapa waktu lalu.

Total utang perseroan saat ini mencapai USD3,4 miliar. Tahun ini, rencananya emiten berkode BUMI itu akan melunasi utangnya sebanyak USD1 miliar dengan dana dari penawaran umum terbatas tanpa HMETD tadi.

Namun sayang, dirinya enggan menyebutkan besaran dana yang bisa didapat dari aksi korporasi melepas 10 persen saham tersebut. “Belum tahu,” katanya singkat.

Sebelumnya, perseroan berniat kembali menerbitkan saham non-preemptive dan mengajukannya dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada 24 Juni mendatang.

“Kami menyerahkan agenda kemarin ke regulator. Pada dasarnya, ini adalah langkah pertama dalam serangkaian debtcutting bergerak yang berlangsung selama 12 bulan ke depan, seperti yang telah kita sebelumnya umumkan ke pasar dan masyarakat luas,” kata Senior Vice President dan Investor Relations Dileep Srivastava.(ade)

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: