Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Mei 27, 2010

unsp, ayo buruan masuk bisnis gula … 270510

Filed under: Terkait BUMI&GRUP — bumi2009fans @ 7:33 am

Gula akhiri penurunan harga
Negara importir perbaiki stok domestik
Senin, 24/05/2010 00:00:00 WIB
Oleh:
JAKARTA: Kinerja kontrak berjangka gula yang menempati posisi terburuk dibandingkan dengan komoditas lain sepanjang tahun ini diperkirakan segera berakhir menyusul kenaikan permintaan dan penyusutan stok di pasar global.

Executive Director International Sugar Organization (ISO) Peter Baron mengatakan harga gula mentah akan ditransaksikan lebih tinggi US$0,20 per pound (1 pound setara dengan 0,45 kg) di New York pada Oktober 2010 atau naik 33% dari penutupan akhir pekan lalu US$0,15 per pound di ICE Futures Amerika Serikat.

Newedge AS, salah satu broker komoditas, memprediksi harga bahan pemanis utama itu naik menjadi US$0,17 pada 3 bulan ke depan.

Harga gula sudah terpangkas 57% dari rekor tertinggi 29 tahunnya yakni di level US$0,30 pada 1 Februari. Pada tahun ini nilai kontrak gula terkoreksi 44% atau dua kali lebih besar dibandingkan pelemahan harga komoditas lainnya yang tercatat dalam indeks Reuters/Jefferies CRB.

Penurunan harga gula itu dipicu berkurangnya pembelian dari importir dan kenaikan produksi di Brasil dan India, produsen gula terbesar dunia.

Peningkatan produksi di kedua negara itu akan menghapus defisit produksi gula pada tahun depan.

ISO menyatakan persediaan gula global akan turun menjadi 52,8 juta ton atau 32% dari total konsumsi pada tahun pemasaran 2009/2010 yang berakhir pada 30 September.

Persediaan gula di India, konsumen gula terbesar dunia, juga diperkirakan hanya mampu memenuhi konsumsi selama 2,5 bulan. India biasanya menyimpan untuk konsumsi 6 bulan.

Setelah harga turun dan persediaan menipis biasanya permintaan importir meningkat.

“Sejumlah negara akan kembali menambah persediaan, kemungkinan tidak akan sebesar sebelumnya, tetapi mereka butuh gula,” kata Baron seperti dikutip Bloomberg, akhir pekan lalu.

Nilai kontrak gula mencatatkan penguatan terbesar mingguannya sejak Oktober pada perdagangan akhir pekan lalu dipicu sinyal peningkatan permintaan dan spekulasi penurunan pasokan akibat aksi protes di Thailand.

Krisis Thailand

Aksi protes di Bangkok, eksportir gula terbesar kedua dunia setelah Brasil, menyebabkan 15 orang meninggal dan berisiko mengganggu pengiriman komoditas dari negara itu.

Bruno Lima, konsultan manajemen risiko FCStone Group Inc di Campinas, Brasil, mengatakan pembelian gula dari India, konsumen terbesar, ditambah dengan impor dari Pakistan, China, dan Rusia, memberi sinyal kenaikan permintaan.

“Dengan ditambah konflik di Thailand yang menyebabkan batalnya ekspor, kondisi ini menambah komplet masalah di pasar,” kata Lima.

Harga gula kasar (raw sugar) untuk kontrak pengiriman Juli naik sekitar 4,4% menjadi US$,16 per pound di ICE Futures AS, New York.

Komoditas pemanis makanan tersebut tercatat meningkat sekitar 11% sepanjang pekan lalu yang merupakan kenaikan mingguan tertinggi sejak 16 Oktober.

Di bursa Liffe London, harga gula putih atau rafinasi untuk kontrak pengiriman Agustus juga menguat dalam 5 hari terakhir sebesar US$14 atau 2,9% menjadi US$503,70 per ton.

Harga gula di bursa London menguat 8,1% pada pekan lalu dan merupakan kenaikan mingguan tertinggi sejak 18 Desember.

Perkembangan harga di pasar internasional juga menjadi pertimbangan Indonesia meningkatkan harga patokan petani (HPP) gula kristal putih pada tahun ini sebesar Rp6.350 per kilogram atau naik 18,7% dibandingkan dengan ketentuan pada 2009 sebesar Rp5.350 per kilogram.

Penetapan HPP itu dilakukan menyusul penetapan musim giling tebu 2010 yang dimulai pada 25 Mei. (berliana.elisabeth@ bisnis.co.id)

Oleh Berliana Elisabeth S.
Bisnis Indonesia

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: