Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Juni 2, 2010

jawaban bwat Asan: creditwatch obligasi trub … 020610

Filed under: Saham Trub — bumi2009fans @ 7:19 am

24/05/2010 – 15:01
Obligasi Truba Jaya ‘Creditwatch’ Negatif
Susan Silaban

(IST)
INILAH.COM, Jakarta – Pefindo menempatkan peringkat BBB+ terhadap obligasi PT Truba Jaya Engineering 1/2007 senilai Rp200 miliar yang akan jatuh tempo pada 8 Juli 2010 atau Creditwatch dengan implikasi negatif.

Hal ini disampaikan Pefindo dalam keterangannya di Jakarta, Senin (24/5). Hal ini dilakukan karena terbatasnya likuiditas perusahaan untuk melunasi obligasi yang akan jatuh tempo tersebut tercermin dari saldo kas perusahaan per akhir Desember 2009 yang hanya berjumlah sekitar Rp76,35 miliar. Dengan demikian, perusahaan berencana untuk merefinance obligasi tersebut dengan pinjaman dari bank dimana sampai saat ini masih dalam proses negosiasi.

Saat ini, perusahaan dimiliki oleh PT Truba Alam Manunggal Engineering Tbk, melalui anak perusahaan yaitu PT Manunggal Infrasolusi dengan penyertaan masing-masing 96%, sedangkan PT Multi Energi Persada dan PT Kurnia Unggul Sejahtera memiliki penyertaan masing-masing sekitar 2,33% dan 1,67%. [san/cms]
Senin, 24/05/2010 17:50:56 WIB
Peringkat obligasi Truba Jaya masuk creditwatch
Oleh: Irvin Avriano A.

JAKARTA (Bisnis.com): PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menempatkan prospek peringkat obligasi II/2007 PT Truba Jaya Engineering, anak usaha Truba Alam Manunggal Engineering Tbk, senilai Rp200 miliar pada creditwatch dengan implikasi negatif.

Dalam risetnya hari ini analis Pefindo Rifan Firmansyah mengatakan aksi pemeringkatan itu dilakukan akibat likuiditas kas emiten yang kurang.

Hal itu, tuturnya, tercermin dari posisi kas perseroan pada akhir tahun lalu yang hanya Rp76,35 miliar, sedangkan perseroan harus melunasi obligasi yang mengantongi peringkat BBB+ itu yang akan jatuh tempo pada Juli.

“Dengan demikian perseroan berencana membiayai ulang obligasi tersebut dengan pinjaman dari bank yang saat ini masih dalam proses negosiasi,” ujar Rifan dalam risetnya hari ini.

Truba Jaya Engineering merupakan anak usaha Truba Alam Manunggal melalui anak usahanya, PT Manunggal Infrasolusi dengan komposisi kepemilikan sebesar 96%, PT Multi Energi Persada sebesar 2,33%, dan PT Kurnia Unggul Sejahtera sebesar 1,67%. (wiw)
Prospek Peringkat Obligasi Truba Jaya Negatif
25 May 2010
Ekonomi Koran Jakarta
JAKARTA – Lembaga pemeringkat efek nasional, PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menempatkan prospek peringkat obligasi Truba Jaya Engineering Tbk sebesar 200 miliar rupiah tahun 2007 yang saat ini “BBB+” pada implikasi negatif. Menurut analis Pefindo, Rifan Firmansyah dan Ronald Hertanto, dalam keterangan tertulis di Jakarta Senin (24/5), hal ini disebabkan terbatasnya likuiditas perusahaan untuk melunasi obligasi yang akan jatuh tempo pada 8 Juli 2010.

Keterbatasan likuiditas tersebut tecermin dari saldo kas perusahaan per akhir Desember 2009 yang hanya berjumlah 76,35 miliar rupiah. Karena itu, perseroan berencana untuk melakukan refinancing atau pembiayaan kembali obligasi tersebut dengan pinjaman bank dimana sampai saat ini masih dalam proses negosiasi. Saat ini, Truba Jaya Engineering dimiliki Truba Alam Manunggal Engineering Tbk melalui anak perusahaan yaitu PT Manunggal Infrasolusi dengan penyertaan sebesar 96 persen, sedangkan PT Multi Energi Persada dan PT Kurnia Unggul Sejahtera memiliki penyertaan masing-masing sekitar 2,33 persen dan 1,67 persen. asp/E-1
13/01/2010 – 10:18
Sst..Truba Jajaki Pinjaman Bank
Susan Silaban

INILAH.COM, Jakarta – PT Truba Jaya Engineering, anak usaha PT Truba Alam Manunggal Engineering Tbk (TRUB) sedang mengupayahkan penyediaan dana untuk pelunasan pokok Obligasi I Tahun 2007 senilai Rp200 miliar.

Demikian diungkapkan Direktur Keuangan Alip Handra dan Presiden Direktur Truna Jaya Erman Suparno kepada BEI, Rabu (13/1).

Menurut Alip, obligasi ini jatuh tempo pada 8 Juli 2010. Memang, perseroan akan memperoleh pinjaman dari sumber internal berupa penyisihan dana intern perusahaan dan sumber eksternal, seperti pinjaman bank serta lembaga keuangan.

Manajemen Truba Jaya juga berkeyakinan obligasi tersbeut akan dilunasi pada saat jatuh tempo. Dalam hal ini, Truba Jaya emmpunyai keputusan penting mengenai penyelesaian obligasi itu. “Kami yakin bisa menyelesaikan pembayaran itu sesuai dengan waktu jatuh tempo,” tegasnya. [san/cms]

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: