Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Juni 7, 2010

isu pajak: dibantah kera$ … 070610

Filed under: BURSA bumi — bumi2009fans @ 11:13 pm

Senin, 07/06/2010 14:55 WIB
BUMI Angkat Bicara Soal Tudingan Suap Versi Gayus
Indro Bagus – detikFinance
Jakarta – PT Bumi Resources Tbk (BUMI) menolak dengan tegas tudingan penyuapan kepada aparat pajak melalui anak usahanya PT Kaltim Prima Coal (KPC) sebagaimana dituturkan Gayus Tambunan.

Perseroan mengajak semua pihak menghormati keputusan Mahkamah Agung (MA) yang menolak petisi Direktorat Jenderal Pajak untuk memeriksa pajak KPC.

Demikian disampaikan SVP Investor Relations BUMI, Dileep Srivastava dalam keterangan persnya, Senin (7/6/2010).

“Tuduhan BUMI telah membayarkan sejumlah dana secara ilegal kepada pihak ketiga dengan tujuan mempengaruhi otoritas pajak dan campur tangan dalam sistem hukum dan peradilan tidak didasarkan pada bukti-bukti aktual,” tegas Dileep.

Dileep juga mengingatkan bahwa hingga saat ini perangkat pengadilan yang ada tidak menemukan satu pun bukti terkait dengan apa yang dituduhkan, sehingga ia mengingatkan semua pihak agar tidak terjebak dalam dugaan dan asumsi yang merugikan perusahaan.

“Perusahaan ingin mengingatkan masyarakat umum dan para pemangku kepentingan utama terutama perusahaan bahwa perusahaan hingga saat ini belum terbukti terlibat dalam setiap jenis kegiatan ilegal seperti dinyatakan oleh berbagai pihak. Manajemen Perusahaan telah tetap fokus untuk memastikan operasi bisnis normal percaya sepenuh hati bahwa kasus hukum diajukan terhadap perusahaan akan diputuskan dengan keadilan,” ujar Dileep.

Ia juga menegaskan kalau MA sebelumnya telah menolak petisi yang diajukan Ditjen Pajak untuk memeriksa pajak KPC. Menurut Dileep, hal itu sejalan dengan pernyataan perseroan sebelumnya bahwa BUMI maupun KPC tidak memiliki tunggakan pajak kepada Ditjen Pajak.

“KPC tidak memiliki tunggakan pajak,” tegasnya.

Namun ia menyayangkan adanya pihak-pihak yang justru memanfaatkan keputusan MA tersebut untuk membuat isu dan rumor lebih lanjut yang bersifat kontroversial untuk membuat penyerangan terhadap BUMI dan grupnya.

“Sayangnya, keputusan Mahkamah Agung telah dimanfaatkan oleh beberapa pihak melemparkan tuduhan yang tidak adil dan kontroversi,” ujarnya.

Meski demikian, Dileep mengatakan BUMI mendukung upaya yang akan dilakukan pihak berwajib untuk melaksanakan tugasnya terkait kasus ini.

“Sehubungan dengan laporan media pada Gayus Tambunan, kami menjamin Anda bahwa berita tersebut tidak benar. BUMI, induk perusahaan dari KPC, akan mengambil langkah apapun untuk membantu dan mendukung peneliti dalam melaksanakan tugas mereka yang sah,” ujarnya.

(dro/qom)

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: