Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Juni 11, 2010

imink-iming DOAN-K (303): 110610

Filed under: BURSA bumi — bumi2009fans @ 11:04 pm

11/06/2010 – 10:07
Gina Novrina Nasution
Akhir Tahun BUMI Menguat ke Level Rp3.200

INILAH.COM, Jakarta – Saham BUMI, Jumat (11/6) diprediksikan menguat terbatas seiring kenaikan harga minyak mentah dunia ke level US$75 per barel. Buy on Weakness BUMI dengan targert Rp3.200 akhir 2010!

Gina Novrina Nasution, riset analis dari Reliance Securities mengatakan, potensi penguatan saham PT Bumi Resources (BUMI) hari ini karena kenaikan harga minyak mentah dunia dan batubara. Karena itu, Gina merekomendasikan buy on weakness untuk saham sejuta umat ini.

Sebab, meski diperkirakan secara tren saham BUMI masih melemah (bearish), tapi sudah mulai terbatas. “Beli BUMI untuk jangka panjang hingga akhir tahun. Di akhir 2010, BUMI akan kembali menguat ke level Rp3.200,” katanya kepada Ahmad Munjin dari INILAH.COM, di Jakarta.

Pada perdagangan kemarin, saham BUMI ditutup melemah Rp20 (1,08%) menjadi Rp1.820 dengan intraday Rp1.860 dan Rp1.800. Volume transaksi mencapai 127,03 juta unit saham senilai Rp230,9 miliar dan frekuensi 3.802 kali. Berikut ini wawancara lengkapnya:

Setelah kemarin melemah Rp20, bagaimana Anda memperkirakan, pergerakan saham BUMI akhir pekan ini?

Saya kira ada potensi penguatan BUMI hari ini. Salah satunya dipicu oleh kenaikan harga minyak mentah dunia ke level US$75 per barel. Sebab, produksi minyak di British Petroleum (BP) mengalami kebocoran. Keadaan ini, membuat orang berspekulasi sehingga memicu kenaikan harga minyak. Karena itu, kenaikan harga minyak bukan faktor real demand melainkan faktor spekulan. Saham-saham komoditas pun termasuk BUMI berpeluang mengalami kenaikan.

Akan bergerak di kisaran berapa?

BUMI akan mengarah ke level resistance Rp1.880 dan Rp1.770 sebagai level support-nya. Apalagi, harga batubara pekan ini mengalami kenaikan ke level US$98 per metrik ton dari sebelumnya di level US$96. Batubara dan minyak menopang penguatan BUMI Jumat ini.

Bagaimana dengan kembali beroperasinya tambang milik PT Arutmin, anak usaha BUMI?

Oh ya. Manajemen BUMI sudah menyatakan, tambang milik PT Arutmin Muara Asam-Asam telah beroperasi kembali secara normal setelah sempat terhenti sejak Senin (7/6) sore. SVP Investor Relations BUMI, Dileep Srivastava juga mengatakan kalau terhentinya kegiatan penambangan di Arutmin sama sekali tidak mengganggu kegiatan produksi dan penjualan batubara perseroan. BUMI optimistis target produksi 67 juta ton batubara BUMI di tahun 2010 dapat tercapai. Sentimennya sangat positif sejalan dengan perkiraan penguatan saham BUMI akhir pekan ini.

Tapi sebenarnya, kalaupun Arutmin tidak beroperasi, pasokan untuk PLN masih aman dan tersedia dari BUMI. Karena itu, sentimennya tidak terlalu negatif sehingga tidak menjadi tekanan bagi saham ini.

Bagaimana dengan sentimen market?

Penguatan BUMI akhir pekan ini berpeluang terbatas. Sebab, pergerakan market masih cenderung stagnan. Pelaku pasar masih wait and see atas perkembangan market berikutnya. Saat ini merupakan hari awal Piala Dunia 2010, yang biasanya transaksi tipis.

Karena itu, jika melihat dari trading, nilai transaksi di bursa pun tipis. Valuasi indeks hanya mencapai Rp2 triliunan. Memang, BUMI sendiri termasuk emiten dengan kategori most value. Tapi, hal itu, tidak akan memicu penguatan BUMI lebih jauh.

Lantas, apa rekomendasi Anda?

Saya rekomendasikan buy on weakness untuk BUMI. Sebab, diperkirakan secara tren saham BUMI masih melemah (bearish) tapi sudah mulai terbatas. Beli BUMI untuk jangka panjang hingga akhir tahun. Di akhir 2010, BUMI akan kembali menguat ke level Rp3.200. [jin/ast]

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: