Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Juni 20, 2010

bumi maseh bertahaN … 200610

Filed under: BURSA bumi — bumi2009fans @ 8:19 pm

20/06/2010 – 17:09
Sepekan BUMI Tertolong IHSG & Harga Komoditas
Agustina Melani

(inilah.com/Agung Rajasa)
INILAH.COM, Jakarta – Saham PT Bumi Resources (BUMI) sepekan ini berhasil menguat 4,4% dan ditutup di Rp1.880. Kenaikan harga komoditas menjadi katalis positif bagi saham batubara ini.

Pengamat pasar modal Irwan Ibrahim mengatakan, sentimen harga saham BUMI sepekan ini dipengaruhi kenaikan harga komoditas dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). “Tren IHSG cenderung naik meskipun volume perdagangan tipis, tetapi hal itu berdampak positif terhadap harga saham BUMI,” ujar Irwan kepada INILAH.COM, Minggu (20/6).

Sementara masalah pajak BUMI saat ini dinilai tidak berpengaruh signifikan terhadap pergerakan BUMI. Para pelaku pasar mengabaikan isu pajak BUMI karena dianggap sudah selesai di Mahkamah Agung.

Setelah ditutup naik Rp10 ke level Rp1.810 pada hari pertama perdagangan, saham BUMI tergelincir Rp30 ke angka Rp1.780. Saham anak usaha Bakrie ini bertahan di level ini selama 3 hari perdagangan, sebelumnya akhirnya ditutup naik Rp100 ke Rp1.880 di akhir pekan.

Menurut Irwan, saham BUMI menguat, dipicu kenaikan harga komoditas di pasar global. Harga batubara pekan lalu sempat menyentuh US$100 MT, sedangkan harga minyak mentah naik ke level US$77. “Kepercayaan diri para pelaku pasar kembali bangkit, sehingga mereka, terutama investor asing melakukan pembelian atas saham energi termasuk saham BUMI,” katanya.

Pada pertengahan minggu, harga minyak mentah sempat naik ke atas US$77 per barel di New York. Hal ini terjadi seiring menguatnya saham AS yang menyimpan optimisme bahwa permintaan bahan bakar akan meningkat. Apalagi indeks dolar, sebagai ukuran greenback terhadap 16 mata uang sempat anjlok 1,7%, meningkatkan daya tarik investasi dalam komoditi sebagai perlindungan terhadap nilai inflasi.

Perseroan pun optimistis, target produksi batubara 67 juta ton tahun ini akan tercapai. Saat ini kegiatan operasional tambang batubara miliki Arutmin Muara Asam-asam telah kembali normal.

Adapun penghentian kegiatan operasi beberapa saat lalu terjadi karena penutupan jalan khusus angkutan batubara dan pelabuhan khusus Arutmin Indonesia oleh ribuan warga. Namun hal ini tidak menganggu kegiatan produksi dan penjualan batubara perseroan.

BUMI juga berhasil meraup US$410 juta setelah melego kepemilikannya di dua unit usaha dalam rangka mengurangi utang dan ekspansi. Selain menjual

  • 99,83% kepemilikan di PT Mitratama Perkasa kepada PT Cahaya Pratama Lestari senilai US$ 120 juta, perseroan juga menjual
  • 20% dari total 100% kepemilikannya di Gallo Oil (Jersey) Ltd kepada Florenceville Financial Ltd senilai US$ 290 juta. Kedua penjualan itu disebutkan di dalam laporan keuangan per 31 Maret 2010.

Irwan memprediksikan, harga saham BUMI bisa mencapai 2.050 pekan depan. Sentimen positif berasal dari harga minyak mentah yang pekan depan diperkirakan bisa mencapai US$85 per barel. “Rekomendasi buy untuk BUMI,” pungkasnya. [ast/mdr]

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: