Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Juni 22, 2010

3 saham gw direkomen: bumi, adro, antm : 220610

Filed under: BURSA bumi — bumi2009fans @ 8:17 am

22/06/2010 – 06:48
Pilih Saham BUMN Lapis Dua & Komoditas
Natascha & Asteria

(inilah.com/Agung Rajasa)
INILAH.COM, Jakarta – Indeks saham pada perdagangan Selasa (22/6) berpotensi melanjutkan penguatan. Saham BUMN lapis dua dan saham berbasis komoditas bisa menjadi pilihan.

Analis PT Andalan Artha Advisindo (AAA) Securities Helmi Therik mengatakan, sentimen positif masih membayangi pergerakan indeks saham hari ini. “Besarnya aliran dana asing yang masuk ke pasar Asia setelah kebijakan moneter China, membawa angin segar bagi bursa regional dan domestik,” ujarnya kepada INILAH.COM.

Kebijakan China yang sudah diprediksi pasar ini, memicu penguatan Yuan dan menyebabkan ekspektasi demand China atas komoditas meningkat. Harga komoditas pun naik, dimotori harga minyak mentah. Hal ini menyebabkan saham berbasis energi di bursa eksternal menguat. “Sedangkan di dalam negeri, saham komoditas, terutama yang masih lagging, merangsek naik,” katanya.

Sementara rating Indonesia saat ini dinilai tidak lagi menggambarkan perbaikan kinerja APBN dan rasio utangnya, yang sangat rendah terhadap PDB. Ada ekspektasi, upgrading rating Indonesia akan lebih cepat dilakukan. “Ini akan menjadi pemicu derasnya aliran dana ke Indonesia. Terindikasi dari penguatan rupiah menembus level 9.000 per dolar AS,” ulasnya.

Helmy menuturkan, ketika asing masuk ke pasar Indonesia beberapa pekan terakhir, aliran dana banyak yang fokus ke saham terkait konsumsi, seperti PT Astra International (ASII), PT Unilever (UNVR) dan PT Telekomunikasi Indonesia (TLKM).

Menurut Helmy, meskipun kini ada aksi ambil untung pada beberapa saham berbasis konsumen, namun masih ada pilihan lain untuk second liner yang menjadi langganan fund manager. Terutama dari saham pelat merah, seperti PT Wijaya Karya (WIKA), PT Adhi Karya (ADHI), PT Bank Tabungan Negara (BBTN), PT Holcim (SMCB) dan PT Gozco Plantation (GZCO). “Rekomendasi beli untuk emiten-emiten ini,” pungkasnya.

Sedangkan Yusuf Adiwinoto, analis dari Batavia Properindo menilai, turunnya saham berbasis konsumen, membuka peluang peralihan portofolio ke saham berbasis komoditas. Ia pun menyarankan saham komoditas yang masih lagging, seperti PT Bumi Resources (BUMI), PT Adaro (ADRO) serta PT Aneka Tambang (ANTM). “Investor bisa trading buy untuk emiten-emiten ini,” ujarnya ketika dihubungi terpisah.

Saham ANTM menjadi pilihan karena eksposur perseroan ke emas. Emiten ini mendapat keuntungan dari harga logam mulia yang terus menguat, meski logam lain seperti nikel belum menunjukkan pergerakan naik.

Adapun prospek saham batubara masih menggiurkan, dipicu tren harga batubara yang terus merangkak naik, seiring tingginya permintaan dari China dan India. Hal ini ditambah apresiasi Yuan atas dolar AS, yang menyebabkan harga komoditas murah dan menarik negeri tirai bambu itu untuk meningkatkan impor. “Ketika yuan di-peg dengan dolar saja, demand tinggi. Apalagi sekarang,” tandasnya.

Pada perdagangan Senin (21/6), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup naik tipis 12,314 poin (0,42%) ke level 2.941,903. Perdagangan di Bursa Efek Indonesia cukup ramai, dimana volume transaksi mencapai 6,347 miliar lembar saham, senilai Rp5,227 triliun dan frekuensi 119.685 kali. Sebanyak 125 saham naik, 85 saham turun dan 71 saham stagnan. [mdr]

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: