Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Juni 24, 2010

herald di genggaman BUMI@2366 … 240610

Filed under: PERUT BUMI RES — bumi2009fans @ 3:06 pm

Kamis, 24/06/2010 14:59 WIB
Bumi Resources Raih Lampu Hijau Garap Proyek Herald
Whery Enggo Prayogi – detikFinance
Jakarta – PT Bumi Resources Tbk (BUMI) telah mendapat sinyal positif atas ijin operasi tambang di proyek Dairi, Sumatera Utara yang dimiliki perseroan secara tidak langsung melalui Herald Resources Ltd. BUMI pun optimis produksi seng dan timbal dapat dimulai pada triwulan-II 2011.

“Herald sudah eksplorasi dan siap eksploitasi di triwulan-II 2011. Kami juga sudah mendapatkan green light dari pemerintah untuk ijin lokasi,” ujar Direktur BUMI, Dileep Srivastava di Balai Kartini Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Kamis (25/6/2010).

Proyek Dairi yang dimiliki Herald mempunyai potensi kandungan seng (zinc) dan timbal (lead) terbesar di dunia dan berlokasi di Sumatera Utara. Ijin dari Departemen Kehutanan pun, nampaknya akan segera didapat dari target semula pada triwulan-I 2010.

Perseroan pun telah menyiapkan dana US$ 211 juta untuk eksplorasi dan pengembangan yang diperkirakan membutuhkan waktu 20 bulan. Dengan investasi sebesar itu, BUMI memproyeksikan peningkatan EBITDA sebesar US$ 150 juta per tahun dari proyek Dairi.

BUMI merupakan pemilikan baru Herald Resources Ltd. setelah menuntaskan akusisi 100% saham yang tercatat di Australian Securities Exchange (ASX).

BUMI melalui Calipso memiliki 205.912.956 saham atau setara dengan 98,39% saham Herald melalui penawaran tender terakhir yang ditutup pada 20 Oktober 2009 di harga AUD 0,93 per saham.

Berdasarkan peraturan Australian Stock Exchange (ASX) yang tertera dalam Corporations Act 2001, suatu perusahaan yang menguasai sedikitnya 91% saham emiten di ASX, wajib membeli saham yang belum dimiliki jika di antara pemegang saham ada yang hendak menjualnya.

Oleh karena Calipso memiliki 98,39% saham Herald, maka Calipso wajib melakukan pembelian jika sisa pemegang saham Herald memutuskan melepaskan kepemilikan sahamnya kepada Calipso.

Sebelumnya Dileep memang pernah mengatakan kalau BUMI berencana melakukan delisting saham Herald begitu 100% sahamnya dikuasai oleh Callipso. Kini, setelah 100% saham dikuasai, BUMI memulai proses delisting Herald dari ASX.

Herald merupakan pemilik 80% saham di proyek Dairi. Sisanya sebesar 20% dimiliki oleh PT Aneka Tambang Tbk (ANTM).

(wep/dro)
24/06/2010 – 14:57
BUMI Akan Lepas Aset Anak Usaha
Agustina Melani

INILAH.COM, Jakarta – RUPSLB PT Bumi Rasources Tbk (BUMI) menyetujui Perseroan untuk melego aset anak usahanya.

Hal ini disampaikan Vice President Investor Relation BUMI, Dileep Srivastava usai acara RUPST/LB di Jakarta, Kamis (24/6).

Terkait penambahan modal tanpa HMETD, dia menegaskan tetap maksimum 10% dari modal disetor atau 1,94 miliar lembar saham. Harga penawaran sekitar 2.366 per lembar saham. Target dana sekitar US$495,89 juta. “Non prempetive issue tidak ada penundaan. Kita akan sampaikan hasil ke Badan Pengawas Pasar Modal Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) pada September 2010, diharapkan pelaksanaan secepatnya,” kata Dileep.

Dileep menuturkan penggunaan dana hasil non prempetive issue untuk mengurangi pinjaman. Dikabarkan empat kreditur akan mengambil non prempetive issue antara lain Country Forest Ltd anak usaha China Invesment Corporation (CIC), Raeffeise Zentralbank Osterreich, Credit Suisse dan JP Morgan Chase Bank NA. [cms]
Kamis, 24/06/2010 15:16 WIB
Produksi Batubara BUMI Naik 19,23% di Semester I-2010
Whery Enggo Prayogi – detikFinance

(ilustrasi foto: Reuters) Jakarta – PT Bumi Resources Tbk (BUMI) menargetkan dapat mencapai produksi batubara hingga 31 juta ton pada semester-I 2010. Ini lebih baik 19,23% dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Demikian disampaikan Direktur BUMI, Dileep Srivastava usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (25/6/2010).

“Triwulan-I kan sudah 16 juta ton, triwulan ini sekitar 15 juta ton, hingga pertengahan tahun mencapai 31 juta ton,” jelasnya.

Dari perkiraan target tersebut, berarti perseroan berhasil meningkatkan jumlah volume produksi mereka 19,23% dari posisi tahun 2009 yang mencapai 26 juta ton.

“Akan terjadi peningkatan yang signifikan, dan kami optimis target produksi 67 juta ton batubara BUMI di tahun 2010 dapat tercapai. Triwulan-I pun kami telah melebihi pencapaian dari tahun lalu sebesat 11,3 juta ton,” jelasnya.

Capaian produksi ini disumbang oleh dua anak usaha mereka, yaitu PT Arutmin Indonesia dan PT Kaltim Prima Coal.

Namun, Dileep tidak menyebut secara rinci target penjualan mereka di semester-I 2010. Pasalnya terjadi fluktuasi harga batubara di pasar dunia.

Pada triwulan-I 2010, harga rata-rata yang dapat dijual perseroan berkisar US$ 72-88 per ton. Dan diperkirakan, harga ini akan menurun pada triwulan-II, dikisaran 67-68 per ton.

“Kita inginnya volume yang tinggi, harga yang terbaik dengan sistem cash, namun tingkat pengeluaran yang rendah,” paparnya.

(wep/dro)
BUMI Bumi Resources Tbk RUPSLB 24-06-2010 10:00:00 Balai Kartini, Mawar Conference Room, LT 2. Jl. Jend. Gatot Subroto Jakarta 1. Persetujuan untuk menjaminkan ataumengagunkan atau membebani dengan hak jaminan kebendaan sebagian besar atau seluruh aset/harta kekayaan perseroan yang dimiliki secara langsung atau tidak langsung kepada para krediturnya, baik kreditur perseroaan maupun kreditur anak perusahaan, termasuk anamun tidak terbatas pada
i. gadai atas sebagian atau seluruh saham yang dimiliki dan dikuasai perseroan pada anak perusahaan baik secara langsung atau tidak langsung maupun efek lainnya.
ii. Fidusia atas tagihan-tagihan rekening bank, klaim asuransi, persediaan (inventori) , rekening escrow perseroan dan atau anak perusahaan.
iii. Jaminan atau agunan atau hak jaminan kebendaan lainnya atas harta kekayaan lain, baik bergerak maupun tidak bergerak milik perseroan atau anak perusahaan, yang dilakukan dalam rangka pembiayaan atau perolehan pinjaman dari pihak ketiga, yang diberikan kepada atau dierima oleh perseroan maupun anak perusahaan , baik sekarang ataupun yang akan ada di kemudian hari; sebaimana disyaratkan oleh pasal 102 undang-undang nomor 40 tahun 2007 tentang perseroan terbatas.
2. Persetujuan untuk penambahan modal tanpa hak memesan terlebih dahulu sesuai dengan Peraturan Bappepam-LK no. IX.D.4 dan Persetujuan Perubahan struktur permodalam serta perubahan Anggaran dasar sehubungan dengan perubahan struktur permodal tersebut.
3. Pengangkatan kembali susunan direksi perseroan.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: