Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Juni 25, 2010

kasus b-life: AYO ke meja hijau … 250610

Filed under: Utang Bumi & Grup — bumi2009fans @ 11:55 pm

Jumat, 25/06/2010 14:07 WIB
Bapepam Tak Bisa Berbuat Banyak untuk Nasabah Bakrie Life
Whery Enggo Prayogi – detikFinance

Jakarta – Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam LK) mengaku tidak bisa berbuat banyak dalam menyelesaikan kasus gagal bayar yang dialami oleh nasabah produk Diamond Investama milik PT Asuransi Jiwa Bakrie (Bakrie Life).

Ketua Bapepam Fuad Rahmany mengatakan, Bapepam hanya bertindak sebagai mediator antara manajemen Bakrie Life dengan nasabah. Jika nasabah tidak menyetujui mekanisme pengembalian dana yang ditawarkan oleh manajemen, nasabah bisa membawa kasus ini ke pegadilan.

“Kita kan sudah membatasi kegiatan mereka (Bakrie Life). Kalau ada beberapa nasabah yang ingin mempercepat proses pengembalian uang, ya tinggal tuntut saja (ke pengadilan),” ujar Fuad saat ditemui di kantornya, Jalan Wahidin Raya, Jakarta, Jumat (25/6/2010)..

“Ini kan sebenarnya usulan manajemen untuk model pengembalian dana secara bertahap. Tapi sebenarnya kalau tidak setuju dengan Pak Timoer (Dirut Bakrie Life) ya bawa saja ke pengadilan. Nggak ada urusannya dengan Bapepam,” imbuhnya.

Manajemen Bakrie Life memang menawarkan skema pengembalian dana pokok diatas Rp 200 juta yakni sebesar 25% di 2010, 25% di 2011, dan sisanya 50% di 2012. Sebanyak 25% pada tahun 2010 dibayar empat kali setiap akhir triwulan, demikian juga pada tahun 2011, dan sisanya 50% di Januari 2012. Angsuran pokok sesuai skema tersebut mulai dibayarkan pada akhir bulan Maret 2010.

Untuk diketahui Bakrie Life menderita gagal bayar produk asuransi berbasis investasi dengan nama Diamond Investa sebesar Rp 360 miliar.

Skema pembayaran Angsuran Pokok dana tersebut yakni Maret 2010 (6,25%), Juni 2010 (6,25%), September 2010 (6,25%), Desember 2010 (6,25%), Maret 2011 (6,25%), Juni 2011 (6,25%), September 2011 (6,25%), Desember 2011 (6.25%), dan terakhir pada Januari 2012 (50%). Kemudian untuk dana di bawah Rp 200 juta dibayarkan pada April 2010 hingga lunas.

Namun nasabah masih harus gigit jari karena manajemen Bakrie Life kembali berhenti membayarkan dana ke para nasabahnya. Meskipun skema pembayaran dana sudah disepakati lewat Surat Keputusan Bersama.

(dnl/qom)
Bapepam Akan Cabut Izin Bakrie Life
Jumat, 25 Juni 2010 | 14:35 WIB

KOMPAS/RIZA FATHONI

JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) akan mencabut izin PT Asuransi Jiwa Bakrie (Bakrie Life). Lembaga pengawas keuangan menyatakan gerah dengan perilaku perusahaan asuransi ini.

“Nantinya akan dicabut juga izinnya karena kami tidak mau ada orang-orang seperti itu lagi di industri ini,” tegas Fuad Rahmany, Ketua Bapepam-LK, Jumat (25/6/2010).

Kapan Bapepam akan mencabut izin Bakrie Life itu, Fuad belum menentukan waktunya. Yang pasti, Fuad mengaku pencabutan izin perusahaan asuransi bermasalah itu tidak dalam waktu dekat. Pasalnya, Bapepam masih memberikan waktu bagi Bakrie Life untuk mengembalikan dana nasabah terlebih dahulu.

“Kalau kami cabut izinnya sekarang, tidak akan ada gunanya. Biarlah mereka selesaikan dulu urusan dengan nasabah. Toh, Bakrie Life juga tidak bisa lagi beroperasi karena sudah kami suspend,” begitu dalih Fuad.

Orang nomor satu Bapepam-LK ini kembali menegaskan tidak akan ikut campur dalam mekanisme penyelesaian masalah Bakrie Life dengan nasabah Diamond Investa. “Kalau nasabah tidak puas dengan solusi yang ditawarkan, silakan mengadu ke pengadilan. Bapepam-LK tidak bisa ikut campur,” ujar Fuad.

Kasus ini bermula ketika Bakrie Life gagal membayarkan bunga kepada nasabah Diamond Investa. Total kewajiban perusahaan asuransi itu terhadap nasabah Diamond Investa sebesar Rp 300 miliar. (Kontan/Ade Jun Firdaus)

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: