Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Juni 30, 2010

pede ! ati2! … 300610

Filed under: Saham Trub — bumi2009fans @ 9:21 am

Selasa, 29/06/2010 23:05:15 WIB
Truba Jaya siap lunasi obligasi
Oleh: Irvin Avriano A.

JAKARTA (Bisnis.com): PT Truba Jaya Engineering, anak usaha PT Truba Alam Manunggal Tbk, siap melunasi obligasi yang jatuh tempo pada awal bulan depan setelah sebelumnya dikhawatirkan akan gagal bayar.

“Manajemen Truba Jaya Engineering telah menyiapkan dana untuk pelunasan pokok obligasi tersebut, dana tersebut saat ini dalam bentuk deposito on call,” ujar Direktur Utama Truba Jaya Engineering Erman Suparno dalam keterbukaan informasi PT Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini.

Dia mengatakan obligasi itu akan dilunasi perseroan pada saat jatuh tempo, sehingga perseroan tidak akan gagal bayar terhadap kewajibannya itu.

Sebelumnya, perseroan belum memastikan pelunasan obligasi itu sehingga dinilai PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) berpotensi gagal bayar terhadap pelunasan obligasi I/2007 perseroan senilai Rp200 miliar yang akan jatuh tempo pada 8 Juli.

Dalam riset yang diterbitkan pada 25 Juni itu, analis Pefindo Rifan Firmansyah menurunkan peringkat obligasi itu sebanyak tiga level dari level idBBB+ ke level idBB+, yang sudah tidak masuk ke dalam kategori layak investasi (investment grade).

Peringkat itu juga memiliki prospek (outlook) pengawasan berimplikasi negatif untuk menunjukkan kekhawatiran atas kemampuan perseroan melunasi efek utangnya itu.

“Perusahaan juga belum mendapatakan kepastian atas rencana penambahan utang bank baru karena sampai saat ini perusahaan belum memperoleh komtmen dari bank,” ujarnya dalam riset itu.

Perseroan, tuturnya, sudah memiliki saldo kas sebesar Rp305,9 miliar per Mei, tetapi memiliki utang jangka pendek yang harus dibayar tahun ini sebesar Rp455,7 miliar.

Laporan keuangan perseroan per akhir tahun lalu menunjukkan perseroan hanya memiliki kas dan setara kas sebesar Rp76,35 miliar.

Laporan keuangan 2009 itu juga menunjukkan perseroan memiliki kewajiban untuk menyediakan dana sebesar dana pelunasan dan sisa pelunasan bunga yang ditetapkan sebesar 11,75% per tahun.

Perseroan juga diwajibkan untuk menjaga rasio utangnya terhadap ekuitas tidak melebihi 2:1.

Sebelumnya, Pefindo telah menempatkan prospek peringkat obligasi perseroan pada level pengawasan negatif pada Mei lalu dengan memperhatikan potensi tidak didapatkannya komitmen utang untuk melunasi obligasinya itu.

Namun, Pefindo mencatat penurunan peringkat itu harus dilakukan mengingat hingga saat ini perseroan belum mendapatkan komitmen pinjaman.

Perseroan bergerak di bidang jasa manajemen proyek, pabrikasi, rekayasa, dan konstruksi beragam industri. Sebanyak 96% saham perseroan dimiliki Truba Alam Manunggal melalui PT Manunggal Infrasolusi.

Selain Truba Alam, pemegang saham yang lain terdiri dari PT Multi Enegeri Persada sebesar 2,3%, dan PT Kurnia Unggul Sejahtera sebanyak 1,7%. (wiw)

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: