Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Juli 13, 2010

bnbr, dipanggil doanK … 130710

Filed under: Terkait BUMI&GRUP — bumi2009fans @ 9:29 am

Bursa Efek Indonesia (BEI) akan memanggil manajemen PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) dan PT Bank Capital Tbk (BACA) untuk konfirmasi terkait perbedaan nilai setara kas. Terdapat selisih sebesar Rp1,063 triliun dari kedua laporan yang disampaikan oleh kedua perusahaan terbuka tersebut.

“Saya akan dalami dulu hal ini, mungkin kita akan sesuaikan antarkedua belah pihak terkait perbedaan nilai tersebut. Kita masih belum bisa memberikan komentar apapun,” ujar Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) Eddy Sugito di Jakarta, Senin (12/7).

Meski demikian, dirinya belum bersedia menyatakan bahwa hal tersebut tergolong manipulasi informasi kepada publik. Namun, ia memastikan pihaknya akan memeriksa dengan seksama laporan keuangan kedua perusahaan tersebut.

Berdasarkan lapoan keuangan triwulan I 2010 BNBR, terdapat perbedaan posisi setara kas yang ditampilkan. Jumlah posisi setara kas yang ditempatkan di Bank Capital tidak sesuai dengan jumlah dana pihak ketiga yang tercatat di laporan keuangan triwulan I bank tersebut.

Dalam laporan keuangan BNBR tercatat setara kas yang ditempatkan pada deposito berjangka di Bank Capital senilai RP3,758 triliun. Sementara dalam laporan keuangan Bank Capital disebutkan, simpanan nasabah atau nilai dana pihak ketiga sebesar Rp2,695 triliun. Dengan demikian, terdapat selisih Rp1,063 triliun dari dana yang diklaim BNBR di Bank Capital.

Direktur Keuangan BNBR Eddy Suparno mengaku belum bisa menjelaskan terkait perbedaan tersebut. Ia menolak merinci lebih jauh terkait perbedaan setara kas yang terdapat dalam laporan tersebut.

“Saya belum bisa memberikan konfirmasi apapun terkait hal tersebut. Laporan keuangan kita itu kan laporan keuangan konsolidasi, jadi mungkin saja itu dana salah satu anak perusahaan kita. Sekarang saya tidak pegang laporan keuangan, jadi saya tidak bisa beri komentar apapun,” kata dia ketika dihubungi.

Pengamat pasar modal Yanuar Rizky mengatakan, seharusnya BEI sudah memiliki sistem peringatan dini (early warning system) jika terjadi adanya penyesatan informasi. Menurutnya, bila benar terjadi penyimpangan informasi, pihak BEI harus segera melakukan pemeriksaan dan investigasi terhadap kedua perusahaan tersebut.

Lebih jauh, ia juga meminta Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) turun tangan untuk memeriksa masalah ini. “Jika ditemukan bukti adanya penyesatan informasi, segera laporkan Bapepam-LK untuk ditindaklanjuti secara hukumnya bila memang dinyatakan terjadinya penyimpangan,” kata dia.

Sumber : MEDIA INDONESIA

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: