Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Juli 17, 2010

skandal deposito: enrg juga punya … lh:( 170710

Filed under: Terkait BUMI&GRUP — bumi2009fans @ 6:58 am

16/07/2010 – 16:23
ENRG Akui Cairkan Deposito Rp1 Triliun dari Bank Capital

(inilah.com/Wirasatria)
INILAH.COM, Jakarta – PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG) mengakui telah mencairkan dana depositonya sebesar Rp1,005 triliun dari PT Bank Capital Indonesia Tbk dari total Rp1,136 triliun.

Hal ini disampaikan Direktur Utama Perseroan, Imam P. Agustino dalam keterbukaan informasinya ke BEI, Jumat (16/7). Diakui, Perseroan memang menempatkan deposito sebesar Rp1,136 triliun di Bank Capital dari dana akhir Penawaran Umum Terbatas II. Namun, di bulan yang sama, Perseroan telah mengalihkan sebagian deposito tersebut, yaitu Rp866 miliar ke investasi jangka pendek yang terproteksi dan pada bulan berikutnya sebesar Rp139 miliar dicairkan lagi untuk pembayaran biaya-biaya awal akuisisi.

Penempatan investasi jangka pendek dilakukan terhadap dana yang peruntukannya sebagian besar digunakan untuk penyelesaian pembelian 10% kepemilikan di blok Masela Production Sharing Contract dari Inpex.

Perbedaan antara nilai deposito yang dibukukan pada Perseroan per 31 Maret 2010 dengan pembukuan BACA adalah karena pada waktu itu Perseroan telah memulai pelaksanaan investasi jangka pendek dengan melakukan pemindahan dana investasi dan pemindahan guna pembayaran biaya-biaya awal akuisisi. Akan lebih tepat jika Perseroan membukukan dalam bentuk deposito di BACA per 31 Maret 2010 sebesar Rp130 miliar, di mana dalam buku Perseroan masih mencatat adanya deposito di BACA sebesar Rp1,136 triliun, karena belum terpenuhinya seluruh rangkaian penempatan dana investasi tersebut. [cms]
16/07/2010 – 16:30
ENRG Raup Proyek FPU US$871 Juta
Agustina Melani

(istimewa)
INILAH.COM, Jakarta – PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG) mendapatkan fasilitas unit produksi terapung (FPU) senilai US$871 juta selama periode 14 tahun.

Perseroan mendapatkan fasilitas unit produksi terapung dari proses tender untuk memfasilitasi produksi gas dari lapangan gas Terang, Sirasun, Batur yang bagian dari Blok Kangean PSC. Direktur Utama PT Energi Mega Persada Tbk, Imam Agustino mengatakan nilai kontrak tersebut sebesar US$871 juta dengan periode 14 tahun. Penyewaan FPU tersebut untuk memfasilitasi produksi gas dari lapangan gas TSB yang dimulai pada akhir tahun 2011 atau awal tahun 2012. Lapangan gas TSB diharapkan dapat memulai produksi gas pada laju produksi sebesar 300 juta kaki kubik gas per hari. “Fasilitas FPU dapat memproses hingga 340 juta kaki kubik gas per hari,” kata Imam, Jumat (16/7).

Gas tersebut akan dialirkan dari FPU melalui pipa bawah laut yang sudah terpasang yang memanjang sekitar 350 KM dari titik sambungan ke fasilitas penerimaan gas di Jawa Timur. Gas tersebut akan didistribusikan kepada beberapa pembeli gas di Jawa Timur. “Kita distribusikan gas tersebut kepada Petrogas, PLN dan Petrokimia semen gresik,” kata Investor Relation PT Energi Mega Persada Tbk, Herwin Hidayat.

Seperti diketahui, PT Energi Mega Persada Tbk memiliki 50% saham di Kangean Energy Indonesia Limited (KEI) sebagai operator dari Blok Kangean PSC. KEI telah menandatangani perjanjian dengan konsorsium PT Energy Consulting Indonesia, BW Offshore dan PT Pelayaran Trans Parau Sorat. [mel/cms]
16/07/2010 – 17:24
ENRG Kejar Finalisasi Akuisisi Blok Masela
Agustina Melani

(IST)
INILAH.COM, Jakarta – PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG) akan melakukan tahap finalisasi akuisisi blok Masela sebesar 10% senilai US$77 juta dalam waktu dekat.

“Penandatanganan akuisisi Masela pada November 2009. Saat ini dalam tahap akhir finalisasi dan diharapkan secepatnya proses akuisisi selesai,” ujar Direktur Utama PT Energi Mega Persada Tbk, Imam Agustino, Jumat (16/7).

Imam mengatakan, perseroan telah mendapatkan persetujuan dari pemegang saham, pemerintah Indonesia yaitu BP Migas dan pemegang saham Inpex. Blok Masela memiliki cadangan 265 juta barel dan total cadangan sekitar 565 juta barel. Nilai akuisisi blok Masela sekitar Rp944 miliar. Perseroan mendapatkan dana dari hasil penawaran umum terbatas dengan target dana sekitar Rp4,3 triliun.

Sebelumnya ENRG juga mengakuisisi 10 persen working interest di blok Masela PSC dari INPEX. Diprediksikan blok Masela akan beroperasi pada 2016. Inpex Masela Ltd merupakan operator dari blok Masela PSC.

Imam mengatakan, perijinan untuk proyek blok Masela sudah didapatkan dari Inpex Masela. Pada blok Masela terdapat cadangan gas lapangan abadi dengan target produksi LNG sebesar 4.5MTPA selama lebih dari 30 tahun dan target produksi kondensate sebesar 13ribu bpd selama lebih dari 30 tahun.

Imam menuturkan, total belanja modal untuk blok Masela sekitar US$3miliar hingga US$3,5 miliar untuk pengeboran atau upstream dan fasilitas produksi LNG sekitar US$6 miliar. ENRG menyiapkan belanja modal sekitar US$300 juta untuk upstream di blok Masela. Blok Masela diakuisisi oleh perseroan sekitar US$77 juta.

Ke depan ENRG juga akan fokus untuk mulai produksi dari aset baru yang belum lama diakuisisi antara lain Tonga PSC,CBM Tabulako, CBM Sangatta-2 dan Masela PSc. Hal ini mendorong peningkatan produksi ENRG. Sebab per September 2009 harga minyak sekitar US$57,9/bbl dan harga gas sekitar US$2,7/mcf. Produksi minyak sekitar 13 mbopd dan produksi gas sekitar 88bbtud. Harga jual gas rata-rata sekitar US$4,7. ENRG juga menjual produksi gasnya antara lain Petrokimia Gresik, Petro Diamond,PLN dan Mitsubishi. [mel/hid]

JAKARTA (Bisnis.com): PT Energi Mega Persada Tbk telah memindahkan dana Rp806 miliar yang akan digunakan untuk akuisisi 10% hak partisipasi Blok Masela dari Balvedere ke Bank Standard Charter hari ini, menyusul akan segera tuntasnya perjanjian operasi bersama (JoA) perusahaan dan Inpex Masela.

Direktur Utama Energi Mega Imam P. Agustino mengatakan setelah menuntaskan perjanjian farm in-farm out 10% hak partisipasi di Blok Masela antara Energi Mega dan Inpex pada November 2009, keduanya kini terlibat dalam pembahasan intensif untuk kesepakatan JoA.

Saat ini, tuturnya, pembahasan JoA telah memasuki tahap akhir dan diharapkan bisa disepakati kedua belah pihak dalam waktu dekat.

“JoA sudah memasuki tahap akhir dan insya Allah bulan ini selesai. Pembahasan JoA itu dilakukan secara paralel dengan kajian tim independen apakah proyek pengilangan LNG-nya dilakukan di darat atau di laut. Namun, jadwal kesepakatan JoA tidak ada kaitannya dengan kajian tersebut,” katanya hari ini.

Investor Relations Energi Mega Herwin W. Hidayat mengatakan akusisi Blok Masela merupakan salah satu bagian rencana jangka panjang perusahaan.

Perusahaan, katanya, akan mendapatkan tambahan cadangan sebesar 300 juta barel setara minyak dari akuisisi tersebut.

“Dengan tuntasnya akuisisi Masela, begitu financial closing, kami bisa membukukan cadangan bagian kami yang besarnya sekitar 300 juta barel setara minyak. Berdasarkan sertifikasi cadangan yang ada, Masela diduga mengandung [gabungan antara P1 dan P2] sekitar 18 triliun kaki kubik gas,” ungkapnya.

Perusahaan, katanya, sudah menyiapkan dana untuk akuisisi itu yang diperoleh dari right issue. “Dana sudah siap.”

Imam P. Agustino mengatakan untuk akuisisi tersebut perusahaan menyediakan dana yang totalnya mencapai sekitar Rp944 miliar.

Sebanyak Rp139 miliar di antaranya, katanya, telah digunakan untuk proses konsultasi dan advisory.

“Adapun Rp806 miliar sisanya akan dibayarkan pada saat akuisisi 10% hak partisipasi Blok Masela tuntas. Dananya sudah ada di PT EMP Energi Indonesia [anak perusahaan Energi Mega] yang disimpan di Bank Standard Chartered,” ungkapnya.

Direktur Keuangan Energi Mega Didit A. Ratam menjelaskan terhitung sejak Februari 2010, dana untuk akuisisi Blok Masela sudah tidak disimpan di Bank Capital, melainkan sudah dialihkan ke Balvedere.

Terhitung sejak hari ini, katanya, dana tersebut telah ditransfer ke Standard Chartered.  “Jadi kami tegaskan kalau dana itu sudah tidak lagi ada di Bank Capital,” katanya.

Energi Mega menuntaskan right issue pada 15 Februari 2010 dengan perolehan dana sebesar Rp4,84 triliun.

Sebanyak Rp2,75 triliun digunakan perusahaan untuk menutupi utang, Rp908 miliar untuk modal kerja dan sudah terealisasi sekitar Rp800 miliar, biaya emisi Rp236 miliar, dan terakhir adalah untuk akuisisi Blok Masela. (wiw)

Jumat, 16/07/2010 16:21:49 WIB
Ssst..deposito Energi Mega di BACA Rp130 miliar
Oleh: Wisnu Wijaya
JAKARTA (Bisnis.com): Manajemen PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG) akhirnya mengakui bahwa jumlah deposito yang ditempatkan di PT Bank Capital Indonesia Tbk (BACA) per 31 Maret 2010 hanya mencapai Rp130 miliar, ada perbedaan Rp1 triliun dari yang tercatat dalam laporan keuangan emiten migas itu sebesar Rp1,14 triliun.

Dalam penjelasan secara tertulis kepada Bursa Efek Indonesia hari ini disebutkan perbedaan nilai deposito itu disebabkan Energi Mega mulai melaksanakan investasi jangka pendek dengan memindahkan dana investasi dan dana untuk membayar biaya awal akuisisi.

“Pada akhir penawaran umum terbatas II, Energi Mega menempatkan deposito berjangka Rp1,14 triliun di Bank Capital. Namun, pada bulan yang sama, Energi mengalihkan deposito itu sebesar Rp866 miliar menjadi investasi jangka pendek terproteksi dan pada bulan berikutnya Rp139 miliar dialihkan untuk membayar biaya akuisisi.

Sebagian besar dana dari penempatan investasi jangka pendek untuk menyelesaikan akuisisi 10% kepemilikan di Blok Masela Production Sharing Contract dari Inpex.

Deposito Rp130 miliar yang masih ada di Bank Capital mendapat bunga 7% per tahun.

Harga saham Energi Mega sore ini ditutup melorot 5,69% dari Rp123 per saham menjadi Rp116 per saham. (wiw)

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: