Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Juli 19, 2010

enrg mengklaim, investor mengklaim, JUGA … 190710

Filed under: Terkait BUMI&GRUP — bumi2009fans @ 6:47 am

Selisih Deposito Rp1 T, ENRG Klaim Gunakan Investasi
Jum’at, 16 Juli 2010 – 15:38 wib

Widi Agustian – Okezone

JAKARTA – PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG) menjelaskan jika perbedaan angka deposito sekira Rp1 triliun yang ada di PT Bank Capital Indonesia Tbk (BACA) adalah karena belum terpenuhinya seluruh rengkaian penemputan dana investasi.

Direktur Utama ENRG Imam P Agustino menjelaskan jika perbedaan nilai deposito per maret 2010 yang dibukukan oleh ENRG dan BACA tersebut karena pada waktu tersebut perseroan telah memulai pelaksanaan investasi jangka pendek. Yakni dengan melakukan pemindahan dana investasi dan pemindahaan dana guna pembayaran biaya-biaya awal akuisisi.

Awalnya, ENRG memiliki deposito sebesar Rp1,136 triliun dengan bunga tujuh persen per tahun di BACA yang disetorkannya pada akhir penawaran umum terbatas (PUT) II Februari lalu.

“Namun pada bulan yang sama perseroan telah mengalihkan sebagian deposito tersebut, yaitu sejumlah Rp866 miliar ke dalam investasi jangka pendek yang terproteksi dan pada bulan berikutnya sejumlah Rp139 miliar digunakan untuk pembayaran biaya-biaya awal akuisisi,” jelas Imam dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (16/7/2010).

Penempatan investasi jangka pendek dilakukan terhadap dana yang sebagian besar dipergunakan untuk penyelesaian pembelian 10 persen kepemilikan di blik Masela Production Sharing Contract dari Inpex.

“Akan lebih tepat jika perseroan membutukan desposito di BACA pertanggal 31 Maret 2010 sebesar Rp130 miliar dimana dalam buku perseroan masih mencatat adanya deposito dalam BACA sebesar Rp1,136 triliun karena belum terpenuhinya seluruh rengkaian penempatan dana investasi tersebut,” papar dia.

Sebelumnya muncul kecurigaan atas manipulasi informasi lantaran berdasarkan laporan keuangan kuartal I-2010, PT Bakrie and Brothers Tbk (BNBR) tercatat menyimpan dana investasi di BACA senilai Rp3,75 triliun, UNSP sebesar Rp3,5 triliun sementara dana investasi ENRG mencapai Rp1,34 triliun dan beberapa anak usaha lainnya lainnya dengan total mencapai Rp9,05 triliun.

Sedangkan laporan keuangan Bank Capital di periode yang sama, jumlah simpanan nasabah dalam bentuk deposito tercatat senilai total Rp2,17 triliun. Artinya selisih yang dimiliki mencapai Rp6,42 triliun jika merujuk jumlah total simpanan ketiga emiten tersebut yang mencapai Rp8,59 triliun.(wdi)

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: