Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Juli 22, 2010

skandal deposito: menkeu ampe butuh ngoceh2 … 220710

Filed under: Terkait BUMI&GRUP — bumi2009fans @ 5:58 pm

Kamis, 22/07/2010 11:52:09 WIB
Menkeu: BI, BEI mampu atasi kasus Bakrie-Bank Capital
Oleh: Agust Supriadi
JAKARTA (Bisnis.com): Kementerian Keuangan meyakini Bank Indonesia, Bursa Efek Indonesia, dan Bapepam LK mampu menuntaskan kasus Grup Bakrie-Bank Capital tanpa harus terhalang pasal kerahasiaan bank.

Menteri Keuangan Agus D. W. MArtowardojo menilai kepentingan untuk membuka data transaksi Bank Capital guna memperjelas masalah penempatan dana anak perusahaan Grup Bakrie, merupakan domain dari Bank Indonesia. Artinya, BI bisa mengambil langkah-langkah yang dianggapnya perlu terkait masalah tersebut.

“Tapi kalau perusahaan itu [anak perusahaan Grup Bakrie] adalah perusahaan publik, maka (otoritas) bursa ataupun Bapepam LK juga bisa akses [data transaksi Bank Capital],” tutur Agus usai mengikuti rapat koordinasi di kantor Kemenko Perekonomian, hari ini.

Agus meyakini Bursa Efek Indonesia (BEI) maupun Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam LK) sudah menjalankan fungsinya. “Kalau dari Menkeu, kalau ada langkah yang perlu kami tindaklanjuti sesuai dengan tugas kami, kami akan berikan kerja sama yang terbaik. Tetapi memang tugas itu sudah akan dapat ditindaklanjuti oleh BI, BEI dan dan Bapepam,” tuturnya.

Sejauh ini, lanjut Agus, pihaknya belum melakukan dialog dengan BI guna membahas pasal kerahasian bank yang menjadi pelindung dari data transaksi anak usaha Grup Bakrie di Bank Capital. Sejauh ini, belum perlu rekomendasi darinya atau upaya menjembatani pengungkapan data transaksi Bank Capital guna meluruskan masalah tersebut, mengingat bank central memiliki kewenangan yang sangat luas untuk bisa menjalankan fungsi pengawasannya.

“Kalau yang disinggung adalah masalah kerahasiaan bank, itu tetap harus dijaga. Tapi pengelolaan bank itu dilakukan dngan baik atau pencatatan dilakukan dengan baik, apakah pemisahan fungsi untuk pengendalian yang sehat itu dijalankan, apa tidak, itu kan BI bisa segera melakukan tugasnya. Jadi tidak perlu fokus pada membuka data,” paparnya.

Intinya, tegas dia, apabila memang terbukti ada ketidakbenaran data perbankan atau penyusunan laporan keuangan dari sejumlah emiten Grup Bakrie, maka harus ada tindakan tegas dari otoritas-otoritas yang terkait. “Saya yakin mereka menjalankan fungsinya dan itu sangat luas.” (msw)

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: