Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Juli 31, 2010

the bakries on gold rush … 310710

Filed under: Terkait BUMI&GRUP — bumi2009fans @ 2:45 pm

31 Perusahaan Bersiap Menambang Emas di Taman Bogani
SABTU, 31 JULI 2010 | 08:47 WIB

ANTARA/Basrul Haq

TEMPO Interaktif, Gorontalo- Sebanyak 31 perusahaan tambang melirik Taman Nasional Bogani Nani Wartabone di Gorontalo. Mereka sedang menunggu keluarnya izin dari Dinas Kehutanan dan Pertambangan Provinsi Gorontalo.

“Semua perusahaan tambang itu masih dalam proses di Dinas Kehutanan,” kata Kepala Dinas Kehutanan dan Pertambangan Provinsi Gorontalo, Husen Alhasni menjelaskan status izin 31 perusahaan tambang itu kepada wartawan hari ini.

Menurut Husen, sejaik keluarnya surat keputusan Menteri Kehutanan nomor 324 tahun 2010 tentang alih fungsi hutan di Taman Nasional Bogani Nani Wartabone, perusahaan tambang mulai memohon izin ingin mengelola hutan itu menjadi kawasan pertambangan.

Husen mengatakan, pihaknya akan melakukan seleksi ketat bagi perusahaan tambang yang ingin mengelola taman nasional seluas 14 ribu hektare yang telah dialih fungsikan tersebut.
” Termasuk akan menanyakan teknologi apa yang mereka gunakan dalam mengolah emas,” ujar Husen.

Dari hasil kajian yang ada, kata Husen, Taman Nasional Bogani Nani Wartabone tersebut memiliki kandungan emas sebanyak 120 hingga 200 ton.

Namun seorang aktivis lingkungan di Gorontalo, Djufri Hard, alih fungsi hutan di Taman Nasional Bogani Nani Wartabone hanya untuk memenuhi kepentingan perusahaan tambang milik Bakrie Group.

“ Sebab yang memiliki kontrak karya pertambangan di Gorontalo sejak rezim Soeharto hingga saat ini adalah PT. Gorontalo Mineral Bumi Resources, anak perusahaan dari Bakrie Group,” ungkap Djufri.

Menurutnya, pelepasan kawasan yang diberikan kepada investor besar tersebut hanya akan membuka ruang konflik baru antara pemerintah plus investor versus penambang rakyat.

CHRISTOPEL PAINO

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: