Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Juli 31, 2010

trub di mana … 310710

Filed under: Saham Trub — bumi2009fans @ 3:16 pm

Jumat, 30/07/2010 21:05:51 WIB
25 Mega proyek listrik dipacu tahun ini
Oleh: Wiwiek Dwi Endah
JENEPONTO, Sulsel (Bisnis.com): Pemerintah tahun ini secara bertahap akan terus memacu sedikitnya 25 mega proyek kelistrikkan di Indonesia dengan investasi pihak ketiga, serta akan terus melakukan pembenahan dari sejumlah sistem yang ada.

Direktur Utama PT PLN (Persero) Dahlan Iskan mengatakan, salah satu mega proyek yang akan digenjot adalah PLTU Punagayya yang berdaya listrik 2 x 125 MW dan berlokasi di Desa Punagayya Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto. “Sebenarnya PLTU ini sudah sejak lama akan dibangun, namun karena ada masalah keuangan ditambah penawaran harga IPP dari PLN yang terlalu rendah, maka pembangunan PLTU Punagayya sempat mengalami penundaan,” ujarnya, hari ini.

Dahlan menuturkan, awalnya harga IPP atau pembelian listrik swasta oleh PLN hanya sebesar Rp450/kwh, yang seharusnya harga tersebut sekitar Rp600 per kwh hingga Rp700 per kwh. “Namun saat ini harga yang Rp600 per kwh hingga Rp700 per kwh tersebut belum resmi, alias masih dalam penggodokkan di BPKP.”

Menurutnya, saat ini di seluruh Indonesia ada sekitar 25 pembangkit listrik yang akan dibangun oleh swasta. Namun yang kini sedang dalam proyek pengerjaan baru dua, yaitu yang di Kalimantan dan Palu. Dia mengatakan, total investasi untuk 25 pembangkit listrik tersebut mencapai Rp50 triliun, diharapkan semua akan bisa beroperasi pada 2012 nanti.

Sementara itu kata Dahlan, untuk di wilayah Sulawesi sendiri, saat ini terdapat tujuh titik pembangkit yang sedang dikerjakan dan sebagian besar berlokasi di Sulawesi Selatan, dengan nilai investasi sekitar Rp15 triliun. “Untuk di Sulsel sendiri, PLTU Punagayya inilah yang menjadi andalan.”

Presiden Direktur Bosowa Corporation Erwin Aksa mengatakan, hingga saat ini seluruh pembangunan PLTU Punagayya baru mencapai 11%. “Tapi untuk konstruksi pelabuhannya sudah rampung sekitar 60%,” ujar dia.

Menurutnya, pihaknya sangat optimistis seluruh pembangunan proyek PLTU Punagayya akan selesai pada 2011 mendatang. “Paling lambat akhir 2011, PLTU ini sudah bisa memenuhi kebutuhan listrik masyarakat Sulsel,” tukas Erwin. (mrp)

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: