Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Agustus 1, 2010

the bakries WORST H1 … 010810

Filed under: BURSA bumi — bumi2009fans @ 8:32 pm

Nanda Sitepu
Associate Analyst Vibiz Research Center
Grup Bakrie Terpuruk Setengah Tahun, Masihkah Prospektif ?
Selasa, 27 Juli 2010 17:40 WIB

(Vibiznews – Stocks) Grup Bakrie yang terdiri dari 7 emiten aktif yang kerap kali menjadi ”market mover” atas pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) terlihat kian pudar. Hal tersebut terlihat sejak beberapa pekan terakhir, padahal IHSG pada pekan lalu (21/07) untuk pertama kalinya berhasil menembus dan ditutup diatas level psikologis 3000, namun grup bakrie malah “diam”.

Berikut ini sekilas gambaran pergerakan saham Bakrie 7

Bagan diatas menunjukkan performa harga saham B7 sepanjang semester I 2010. Dimana dari 7 emiten grup Bakrie, tercatat sebanyak 6 emiten melemah dan hanya 1 emiten yang menguat dibandingkan posisi awal tahun. Padahal ke-7 emiten grup Bakrie tersebut merupakan saham-saham yang tergabung dalam perhitungan indeks LQ 45 pada periode Februari-Juli 2010 sehingga bisa dibilang masuk dalam kategori “saham unggulan”. Lalu bagaimana prospek saham-saham grup Bakrie pada semester II 2010 ? setelah sempat terpuruk sepanjang semester I 2010. Berikut gambaran lebih mendalam mengenai saham-saham grup Bakrie :

PT Bakrie & Brothers tbk (BNBR)
BNBR merupakan induk usaha dari seluruh emiten grup Bakrie yang saat ini aktif di bursa. BNBR sepanjang semester I 2010 tercatat melemah cukup signifikan sebesar -33,72% ke Rp 57, bahkan kembali menyentuh Rp 50 pada (16/07).

Sebagai “induk usaha”, akitivitas BNBR memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap grup Bakrie secara keseluruhan. “aktivitas-aktivitas” BNBR sendiri selama paruh pertama 2010 memang banyak memberi dampak negatif bagi saham-saham grup Bakrie secara keseluruhan. Kabar negatif terbaru tentang grup Bakrie dan turut memukul BNBR hingga ke “bottom” adalah masalah “perbedaan pencatatan dana deposito” yang disimpan di PT Bank Capital (BACA) oleh grup Bakrie

PT Bakrie Sumatera Plantation tbk (UNSP)
UNSP merupakan emiten perkebunan milik grup bakrie yang merupakan produsen CPO. Dari tabel diatas terlihat UNSP anjlok tajam -37,29% sepanjang semester I 2010. UNSP saat ini masih bergerak pada level Rp 300-an dan belum “bangkit” seperti saham-saham CPO lain pada umumnya.

Kisruh “deposito jadi-jadian” Bank Capital cukup menyorot UNSP, karena UNSP tercatat menyimpan lebih dari Rp3.5 trilyun dana tunai dalam bentuk deposito di BACA. Mismatch tersebut dinyatakan oleh perseroan sebagai kesalahan karena perbedaan waktu pencatatan laporan keuangan. Namun akhirnya Bursa Efek Indonesia (BEI) mengganjar para 3 emiten group bakrie (BNBR,UNSP,ENRG) dan 1 emiten lain (BIPI) terkait kasus ini dengan denda masing-masing Rp 500 juta karena kurangnya dokumen pendukung.

PT Bakrie Telecom tbk (BTEL)
BTEL tercatat sebagai satu-satunya emiten grup bakrie yang positif dibandingkan posisi awal tahun, yaitu + 19.72%. BTEL sendiri sebenarnya tetap terkena dampak negatif sentimen grup bakrie lainnya, namun sebelumnya BTEL telah menguat cukup tajam seiring “rumor” akuisisi BTEL oleh PT Telekomunikasi Indonesia tbk (TLKM) selama beberapa waktu lalu.

Emiten Grup Bakrie Lainnya
Emiten grup bakrie lainnya seperti PT Dharma Henwa tbk (DEWA), PT Energi Mega Persada tbk (ENRG), PT Bumi Resources tbk (BUMI), dan PT Bakrieland Development tbk (ELTY) pun punya masalah masing-masing terutama masalah utang dan aksi korporasi yang dinilai “merugikan” investor. Contoh aksi korporasi yang dianggap merugikan investor dan banyak dilakukan grup bakrie tahun ini adalah Right Issue, dimana sebagian besar dananya malah digunakan untuk membayar utang.

Prospek Grup Bakrie Semester II


Beberapa emiten grup Bakrie memang tampak sangat “menjanjikan”. Emiten-emiten grup Bakrie yang cukup terdiversifikasi sebenarnya memiliki potensi yang tinggi. Sebut saja PT Bumi Resources tbk (BUMI) yang merupakan salah satu perusahaan tambang batubara terbesar di Indonesia. BUMI dinilai cukup berprospek terutama jika melihat trend harga batubara yang kian tinggi seiring meningkatnya permintaan akan energi.

Untuk semester II 2010 ini emiten-emiten berbasis komoditas dan properti sepertinya bisa diharapkan tampil positif. PT Bumi Resources tbk (BUMI), PT Bakrie Sumatera Plantation tbk (UNSP), dan PT Bakrieland Development tbk (ELTY) diharapkan bisa tampil positif setelah berkurangnya sentimen grup yang negatif, membaiknya harga komoditas batubara dan CPO serta meningkatnya penjualan properti. Tapi itu semua juga tergantung dari sentimen grup bakrie lainnya, karena sentimen grup telah terbukti sukses menahan pergerakan saham bakrie sepanjang semester I lalu.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: