Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Agustus 2, 2010

the bakries AKUMULASI TUNAI … 020810

Filed under: Terkait BUMI&GRUP — bumi2009fans @ 8:11 am

Portofolio Bakrie jadi 25%-35%
OLEH ARIF GUNAWAN S. & BASTANUL SIREGAR Bisnis Indonesia

https://i1.wp.com/epaper.bisnis.com/PUBLICATIONS/BISNISINDONESIA/BI/2010/08/02/photographs/101/02_08_2010_101_026_008.jpg

Pendopo Energy IPO akhir 2011 JAKARTA: PT Bakrie and Brothers Tbk, perusahaan investasi multisektoral ‘kapal induk’ Grup Bakrie, berencana melepas kepemilikannya di sejumlah anak usaha yang dinilai telah menguntungkan.
Bakrie and Brothers hanya akan mempertahankan 25%-35% saham sisanya sesuai dengan strategi menjadikan perusahaan sebagai perusahaan portofolio. Rangkaian aksi korporasi itu rencananya dimulai tahun ini dan ditargetkan rampung 2014-2015.

“Meski dengan kepemilikan segitu [25%-35%], sesuai dengan peraturan Bapepam-LK (Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan), kami tetap pemegang saham pengendali,“ kata seorang eksekutif yang mengetahui rencana tersebut, di Jakarta, Kamis malam.

Dengan skenario itu, saham Bakrie and Brothers di PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk akan diturunkan dari posisi sekarang 53,99% menuju ke kisaran tersebut. Pelepasan 18% saham itu setara dengan Rp33,55 miliar, mengacu pada harga saham terbarunya, Rp305 per unit.

Sebaliknya, kepemilikan Bakrie Brothers di PT Bakrie Telecom Tbk, PT Bumi Resources Tbk, PT Bakrieland Development Tbk, serta PT Energi Mega Persada Tbk dan PT Darma Henwa Tbk akan didongkrak untuk memenuhi target tersebut.

Eksekutif itu menekankan apabila rencana tersebut terealisasi, nantinya Bakrie and Brothers hanya akan beroleh laba dari dividen dan pengembangan investasi.
“Tapi ini bukan dalam rangka pelepasan aset, namun lebih karena dinilai lebih compatible,“ katanya.

Terkait dengan rencana tersebut, Bakrie and Brothers tengah bernegosiasi dengan beberapa perusahaan pengelola aset untuk merealisasikan rencana perusahaan merambah sektor keuangan.

“Grup akan masuk ke sektor keuangan, bukan dengan membeli bank namun dengan memiliki perusahaan asset management,“ ujarnya.

Sayangnya, dia belum bersedia menyebutkan mitra yang akan digandeng untuk membentuk perusahaan pengelola aset tersebut, serta arah negosiasi, akankah berujung pada akuisisi atau pembentukan perusahaan secara mandiri.

Ketika dikonfirmasi, Direktur Keuangan Bakrie and Brothers Eddy Soeparno tidak bersedia berkomentar. Dia meminta Bisnis menghubungi Direktur Bakrie and Brothers Siddharta Moersjid. Sayang, Siddharta tidak menjawab layanan pesan singkat yang dikirimkan.

Saat ini, Bakrie and Brothers telah mengantongi izin dari publik pemegang saham untuk menjaminkan asetnya guna meraih pendanaan. Perseroan berencana mengucurkan investasi senilai US$200 juta US$300 juta di bidang keuangan nasional.

Dalam rapat umum pemegang saham luar biasa, Dirut Bakrie and Brothers Bobby S. Ghafur menyatakan pihaknya berkomitmen mempertahankan kepemilikan di portofolio bisnis anak-anak usaha, salah satunya di Bumi Resources dan Bakrieland Development.

“Di Bumi, kami ada rencana menambah kepemilikan dari 19,5% menjadi 23%25%, setelah sebelumnya sudah menambah kepemilikan di Bakrie Sumatera Plantation dari 41,7% menjadi 50,5%,” tuturnya (Bisnis, 26 Juni).
IPO Pendopo Dalam kesempatan itu, eksekutif tersebut menambahkan, Grup Bakrie juga menyiapkan pencatatan saham perdana (initial public offering/ IPO) produsen batu bara PT Pendopo Energy Batubara ke bursa efek Hong Kong pada akhir 2011.

“Nilainya masih dihitung. Tapi yang pasti targetnya besar, karena dana IPO itu nanti digunakan untuk pengembangan produksi.
IPO-nya di Hong Kong karena di Indonesia peraturannya tidak memungkinkan. Pendopo belum berproduksi,“ ka-tanya Pendopo Energy bergabung sebagai perusahaan terafiliasi Bakrie setelah dicaplok Bakrie and Brothers melalui anak usahanya yang lain, PT Bumi Resources Tbk.
Hingga kini, Pendopo masih dalam proses persiapan dan pengembangan.

Bumi mengakuisisi 84% saham Pendopo pada awal tahun lalu, nyaris bersamaan waktunya dengan akuisisi 44% saham perusahaan kontraktor tambang PT Darma Henwa Tbk dan 50% saham produsen batu bara PT Fajar Bumi Sakti.

Pendopo Energy memiliki konsesi lahan seluas 17.840 hektare sepanjang 30 tahun yang berlaku mulai dari 5 Mei 2009 sampai 4 Mei 2039. Berdasarkan studi awal, Pendopo Energy memiliki potensi cadangan batu bara sebesar 1.954 juta ton.

Dihubungi terpisah, analis PT Bhakti Securities Budi Ruseno menilai wajar apabila Bakrie and Brothers melakukan restrukturisasi kepemilikan saham dengan membuat portofolio pada anak usahanya menjadi 25% hingga 40% kepemilikan saham.

“Langkah itu akan berdampak positif bagi induk usaha maupun anak usaha yang akan membuat lebih efisien dan anak usaha akan fokus pada bidang masing-masing seperti sektor energi, perkebunan, properti dan keuangan,“ katanya. (08) (arif.gunawan@bisnis.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: