Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Agustus 5, 2010

btel @bcon =$70M … 050810

Filed under: Terkait BUMI&GRUP — bumi2009fans @ 3:37 pm

Kamis, 05/08/2010 16:05:04 WIB
Kembangkan BCON Bakrie siapkan modal US$100 juta
Oleh: Stefanus Arief Setiaji
JAKARTA (Bisnis.com): PT Bakrie Telecom Tbk menyiapkan belanja modal senilai US$100 juta tahun ini untuk mengembangkan bisnis data Bakrie Connectivity (BCON) yang diharapkan mampu mendorong kinerja pendapatan perusahaan.

Direktur Keuangan PT Bakrie Telecom Jastiro Abi mengatakan Bakrie Connectivity merupakan investasi jangka menengah, sehingga keuntungan yang akan diraup perusahaan berkode emiten BTEL ini tidak akan langsung dirasakan di tahun pertama.

Dia menuturkan BCON merupakan usaha perdagangan produk dan jasa berbasis internet provider dan multimedia.

“Target kami dalam 2-3 tahun mendatang sistem yang kami kembangkan ini mampu mendorong pendapatan hingga 30%,” ujarnya kepada wartawan di sela-sela kegiatan Investor Day, hari ini.

Hingga saat ini, dia mengaku BCON telah menyedot dana investasi tidak kurang dari US$70 juta yang sebagian dananya diperoleh dari penerbitan obligasi senilai US$250 juta.

Tahun ini, dia menuturkan perusahaan yang bergerak di industri layanan telekomunikasi ini tidak sepenuhnya fokus pada peningkatan jumlah pelanggan.

Menurut dia pihaknya lebih menitikberatkan pada pengembangan kapasitas layanan yang saat ini telah menjangkau 82 kota di Indonesia.

“Dua tahun ini memang kita tidak terlalu ekspansif. Kita melakukan peningkatan kapasitas saja, jadi tidak mendorong peningkatan jaringan untuk mendongkrak jumlah pelanggan,” tuturnya.

Mengenai kinerja keuangan BTEL pada semester I/2010, Abi menyatakan pihaknya belum dapat menjelaskan secara terperinci karena masih dalam proses audit.

Pada kuartal I/2010, perusahaan yang menginduk Group Bakrie ini, berhasil membukukan laba bersih senilai Rp29,01 miliar atau naik 406% dari kuartal I/2009 sebesar Rp5,73 miliar. (faa)
PT Bakrie Telecom Tbk (BTEL) hingga saat ini telah mengucurkan dana ke PT Bakrie Connectivity (BCON) sebesar US$ 70 juta untuk mengembangkan bisnis data. BCON diharapkan akan mengkontribusikan 30% pendapatan BTEL di masa mendatang.

“Capex yang sudah kita kucurkan ke BCON sekitar 70% dari investasi yang disiapkan sebesar US$ 100 juta,” ujar Direktur Keuangan BTEL, Jastiro Abi di gedung Bursa Efek Indonesia, SCBD, Jakarta, Kamis (5/8/2010).

BCON merupakan anak usaha BTEL yang baru saja didirikan 11 Maret 2010. BCON bergerak di bidang perdagangan produk dan jasa berbasis internet provider dan multimedia.

Modal disetor BCON sebesar Rp 500 juta. Nilainya tidak besar. Sebab, perusahaan ini hanya berfungsi menjalankan operasional saja. “Dana investasi sebesar US$ 100 juta telah diperoleh dari hasil penerbitan obligasi US$ 250 juta,” jelas Abi.

Kabarnya, ekspansi BTEL di sektor data melalui BCON ini berkaitan rencana konsolidasi Esia dengan Flexi milik PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM). Sayangnya, Jastiro belum dapat membeberkan detilnya.

Ia juga enggan memberitahu perkembangan pembicaraan dengan manajemen TLKM terkait rencana merger Esia dan Flexi. “Masih bicara, belum ada yang bisa kita umumkan,” ujarnya.

Direktur Utama TLKM Rinaldi Firmansyah kemarin mengatakan kalau pembicaraan ini bersifat terbuka dan tidak mengikat, sehingga TLKM mengaku tetap membuka peluang untuk mengkonsolidasikan Flexi dengan pihak lain.

“Kita terbuka dengan berbagai kemungkinan. Pembahasan dengan BTEL tidak bersifat mengikat. Jadi masih terlalu dini untuk mengumumkan sesuatu,” ujarnya.

Sumber: detikcom

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: