Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Agustus 8, 2010

elty ga puyenk kale … 090810

Filed under: jalan tol n properti — bumi2009fans @ 11:32 am

Pembebasan Lahan Tol Lamban
Sabtu, 7 Agustus 2010 – 09:16 wib
Astra Bonardo/Koran SI
JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum (PU) mengakui bahwa pembebasan lahan untuk pembangunan tol trans-Jawa sepanjang 816 kilometer berjalan lamban. Sebab, selain sulitnya pembebasan lahan, ada investor yang mengalami kekurangan dana.

Kepala Subpembebasan Lahan Dirjen Bina Marga Kementrian PU Wijaya Seta menyatakan pembebasan lahan untuk pembangunan tol trans-Jawa di Jawa Barat, Cikampek– Palimanan (116 kilometer), saat ini sudah mencapai 82 persen. Lahan yang sudah dibebaskan termasuk milik Perhutani.

“Ruas ini progresnya sudah bagus dan masih terus berjalan,” kata Wijaya Seta, di Jakarta, kemarin.

Sedangkan ruas tol trans-Jawa di wilayah Jawa Tengah, ruas Semarang hingga Bawen– bagian dari tol Semarang Solo sepanjang 75 kilometer–pembebasan lahan sudah mencapai 64,5 persen.

Kemudian ruas tol Solo–Mantingan yang dikerjakan oleh pemerintah pembebasan lahannya baru mencapai 30 persen. Sementara, ruas tol yang terhenti pembebasan lahannya yaitu Pejagan–Pemalang, Pemalang–Batang, dan Batang–Semarang. Pembebasan lahannya untuk beberapa ruas tersebut terhenti karena permasalahan pendanaan.

“Sejak Desember 2009 lalu ruas tol Pejagan–Pemalang dan Batang–Semarang terhenti, hal sama juga pada ruas Pemalang–Batang yang pembebasan lahannya terhenti sejak tahun 2008,” papar dia.

Adapun untuk wilayah Jawa Timur, kata Seta, pembebasan lahan ruas Mojokerto–Kertosono sudah mencapai 62,91 persen. Berikutnya, Surabaya–Mojokerto tercatat mencapai 27,71 persen. “(Kedua ruas tol ini) masih tahap pembangunan konstruksi dan pembebasan lahan terus berjalan,” ungkap dia.

Sebelumnya, Wakil Menteri Pekerjaan Umum Ahmad Hermanto Dardak mengatakan, pemerintah akan membantu investor dalam mempercepat pembebasan lahan.

Saat ini dana BLU (Badan Layanan Umum) yang disediakan pemerintah bisa dipakai. Pemanfaatan BLU tidak dikhususkan bagi ruas tol trans-Jawa. “Semua ruas tol berhak mendapatkan dana BLU tanah,” kata Hermanto.

Hermanto menambahkan, pemanfaatan BLU didorong oleh pemerintah karena banyak proses pembebasan lahan untuk pembangunan tol berjalan lamban.

Dengan memanfaatkan BLU, pemerintah berharap percepatan pembangunan tol di Indonesia bisa lebih baik.Hingga saat ini, kata dia, pembebasan lahan untuk tol trans- Jawa sudah mencapai 35 persen.

Hermanto juga berharap, UU Pembebasan Lahan untuk Kepentingan Publik segara disahkan. UU tanah ini sangat penting dalam mempercepat pembebasan lahan. Saat ini draf UU sudah masuk di DPR.

“Kalau tahun ini UU tersebut selesai disahkan, kita harapkan dalam kurun waktu dua tahun, 24 ruas tol tersebut lahannya bebas dan bisa segera dikerjakan proyeknya,” tutup Hermanto. (heru febrianto)(Koran SI/Koran SI/ade)

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: