Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Agustus 16, 2010

trub, di mana kah … 160810

Filed under: Saham Trub — bumi2009fans @ 7:11 am

2013, PLN Yakin Proyek 10 Ribu MW Rampung
Selesainya proyek ini dapat mengurangi penggunaan BBM untuk pembangkit listik.
MINGGU, 15 AGUSTUS 2010, 22:05 WIB Antique, Zaky Al-Yamani

Proyek Induk Pembangkit PLN Pluit (Antara/Rosa Panggabean)
BERITA TERKAIT
Ketel Uap Proyek 10.000 MW PLN Bermasalah
PLTU Lombok Barat Molor
PLN Tawarkan Proyek Gardu Listrik ke Jepang
Pemerintah Mulai Tawarkan Proyek 15 Ribu MW
Pembangunan PLTU Timika Terancam Batal
VIVAnews – Beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 10 ribu megawatt (MW) secara penuh pada tahun 2013, dipastikan dapat menghemat subsidi senilai Rp100 miliar per hari atau Rp35 triliun per tahun.

“Berdasarkan rencana yang ada, maka tahun 2013 hampir seluruh proyek listrik 10 ribu MW dapat diselesaikan,” ujar Tim Koordinasi Percepatan Pembangunan Pembangkit Tenaga Listrik PLN Yogo Pratomo dalam jumpa pers di Jakarta, Minggu, 15 Agustus 2010.

Jika proyek listrik PLTU 10 ribu MW dengan 37 pembangkit sudah dapat beroperasi, listrik yang dihasilkan diharapkan dapat dinikmati oleh masyarakat. Selain itu, selesainya proyek ini dapat mengurangi penggunaan bahan bakar minyak (BBM) untuk pembangkit listrik.

“Ini berarti subsidi yang diberikan kepada PLN akan dapat dikurangi, sehingga dapat dialihkan untuk kepentingan sektor lain yang membutuhkan,” ujar Yogo.

Dengan beroperasinya PLTU 10 ribu MW ini secara penuh pada tahun 2013, Yogo memastikan proyek ini dapat menghemat subsidi senilai Rp100 miliar per hari atau Rp35 triliun per tahun.

Terkait perkembangan proyek ini, tahun ini diperkirakan sudah dapat diselesaikan proses konstruksi delapan pembangkit PLTU dengan total daya 2.000 MW. Pembangkit-pembangkit yang akan selesai pada tahun ini adalah PLTU Rembang unit satu 315 MW, PLTU Indramayu Unit satu 330 MW, dan PLTU Suryalaya 625 MW.

Selain itu pembangkit di luar jawa seperti PLTU Tanjung Balai Karimun 2×7 MW, PLTU Bangka 30 MW, PLTU Amurang 25 MW, PLTU Kendari 2×10 MW dan PLTU Ende 2×7 MW. “Ini merupakan suatu penyelesaian yang positif, karena secara penuh proyek ini sebenarnya baru dimulai tahun 2007,” ujar Yogo.

Selanjutnya, pada tahun depan (2011), akan diselesaikan pembangkit bertenaga 4.300 MW yang tersebar di 17 lokasi (lima lokasi di Jawa dan 12 lokasi di luar Jawa).

Dengan selesainya banyak pembangkit di Jawa dan terutama di luar Jawa tersebut, pada tahun 2011 jumlah pembangkit yang akan selesai adalah 6.300 MW. “Dapat dikatakan bahwa dua pertiga rencana proyek listrik 10 ribu MW ini dapat selesai kurang dari 4,5 tahun. Sisanya sebesar 3.700 MW akan dapat diselesaikan pada tahun-tahun berikutnya,” ujar Yogo.

Mengenai adanya pembangkit listrik yang tidak selesai tepat waktu, Yogo beralasan disebabkan beberapa faktor, di antaranya mengenai pembebasan lahan dan juga faktor cuaca yang kurang mendukung pada saat konstruksi bangunan fisik. (umi)
• VIVAnews
Senin, 16/08/2010 05:00:06 WIB
Batu bara 5 juta ton PLN ditangani Djakarta Llyod
Oleh: Tularji

JAKARTA: PT Djakarta Llyod segera mendapatkan kontrak pengangkutan komoditas batu bara sebanyak 5 juta ton per tahun dari PT PLN (Persero) guna memasok sejumlah pembangkit listrik tenaga uap yang tersebar di Pulau Jawa dan Sumatra.

Kontrak pengangkutan batu bara domestik itu untuk menyelamatkan perseroan dari kebangkrutan. “Kontrak tersebut dijadwalkan akan ditandatangani September 2010,” kata Pjs. Direktur Utama PT Djakarta Lloyd Bambang Sudarsono tadi malam.

Menurut rencana perseroan tersebut akan memasok batu bara ke empat pembangkit, yakni PLTU Labuan,Banten, PLTU Labuan Angin, Sumatra Utara, PLTU Pacitan, Jawa Timur, dan PLTU Pelabuhan Ratu, Jawa Barat.

Bambang menjelaskan perseroan menargetkan sektor pengangkutan batu bara ini dapat berkontribusi sebesar 20% terhadap total pendapatan perseroan, sehingga mampu mengurangi kontribusi dari pengangkutan kontainer yang kini 100%.

Dia menambahkan perluasan layananan dari kontainer ke pengangkutan batu bara untuk menjaga kesinambungan usaha. Hal itu karena bisnis pengangkutan peti kemas sedang terpuruk akibat perang tarif yang semakin parah.

Pada Januari 2010, Menteri Negara BUMN Mustafa Abubakar menegaskan Djakarta Lloyd segera mendapatkan kontrak pengangkutan batu bara dari PT PLN guna membantu program penyehatan perseroan pelayaran tersebut.

Hingga saat ini, PT Djakarta Lloyd mengandalkan angkutan kontainer dengan didukung oleh 14 unit kapal. Kapal tersebut terdiri dari 2 unit berkapasitas 1.600 TEUs, 3 unit berkemampuan angkut hingga 400 TEUs dan 9 unit berkapasitas dibawah 400 TEUs.(bas)
Listrik 10.000 MW Tahap I
Selesaikan Sisa Proyek, Pemerintah Cairkan Dana USD1,4 M
Minggu, 15 Agustus 2010 – 17:24 wib
TEXT SIZE :
Candra Setya Santoso & Wilda Asmarini – Okezone

Ilustrasi
JAKARTA – Pemerintah menargetkan pencairan dana sebesar USD1,4 miliar hingga akhir tahun ini, guna penyelesaian seperlima proyek pembangunan pembangkit 10 ribu megawatt (MW).

“Hingga tahun ini biaya yang sudah dicairkan sebesar USD1,4 miliar hingga dua ribu mw dari total USD7 miliar diperoleh dari beberapa bank asing dan lokal yang kebanyakan dari China,” ungkap Ketua Tim Koordinasi Percepatan Penyediaan Listrik 10 ribu MW Yogo Pratomo, Dspice Dining Terrace, Jakarta, Minggu (15/8/2010).

Dijelaskannya, pendanaan tersebut juga ditopang dari bank-bank lokal guna pemenuhan kebutuhan dana yang diperkirakan mencapai USD7 miliar untuk proyek 10 ribu MW tahap I ini. “Kalau lokal, rata-rata bank BUMN,” ujarnya.

Bank lokal yang dimaksud, jelasnya, seperti PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), PT Bank Mandiri Tbk.

“Tapi ada juga yang swastanya yaitu BCA, Bukopin dan Bank Mega. Rata-rata tenggat waktu pemijaman 10 tahun,” pungkasnya.(adn)(rhs)
Listrik 10.000 MW Tahap I
Pemerintah Bisa Berhemat Rp36 Triliun/Tahun
Minggu, 15 Agustus 2010 – 17:00 wib
TEXT SIZE :
Candra Setya Santoso & Wilda Asmarini – Okezone

Ilustrasi
JAKARTA – Pemerintah menargetkan penghematan dana hingga Rp36 triliun tiap tahun dari proyek pembangunan pembangkit 10 ribu megawatt (MW) tahap I yang telah dimulai demi mempercepat ketersediaan pasokan listrik.

“Dana sebesar Rp36 triliun akan dihemat tiap tahun bila proyek ini berjalan semua,” ungkap Ketua Tim Koordinasi Percepatan Penyediaan Listrik 10 ribu MW Yogo Pratomo, Dspice Dining Terrace, Jakarta, Minggu (15/8/2010).

Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) No 2/2010 yang memuat daftar proyek percepatan pembangunan pembangkit listrik menggunakan energi terbarukan, batu bara, dan gas serta transmisi terkait.

Dalam peraturan menteri itu disebutkan komposisi energi primer untuk pembangkit tenaga listrik yang akan dikembangkan hingga 2014 dari total kapasitas 10.153 MW.

Komposisi energi primer yang dimaksudkan adalah panas bumi (geothermal) sebesar 39 persen,air 12 persen, batu bara 33 persen, dan gas 16 persen. Dari total kapasitas 10.153 MW, sekitar 5.118 MW (50 persen) dilaksanakan oleh PLN dan sisanya 5.035 MW (50 persen) melalui kerja sama PT PLN dengan pembangkit listrik swasta melalui skema jual beli tenaga listrik. PLN akan mengerjakan 21 proyek pembangkit listrik.

Adapun swasta akan mengembangkan 72 proyek. Lebih besarnya jumlah proyek swasta dari PLN karena kapasitas per pembangkit lebih kecil. Pemerintah memperkirakan total investasi untuk pembangkit dan transmisi proyek 10.000 MW tahap II mencapai USD16,343 miliar.

Dari total investasi tersebut, kebutuhan investasi pembangkit untuk PLN dan swasta sebesar USD15,960 miliar dan kebutuhan investasi untuk transmisi terkait sekitar USD383 juta. Pendanaan tersebut akan berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) serta anggaran internal PT PLN dan sumber dana lainnya seperti Japan International Cooperation Agency (JICA), China Loan, dan Asian Development Bank (ADB). (adn)(rhs)

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: