Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Agustus 20, 2010

kasus b-life: MANA DUITNYA … 250810

Filed under: Utang Bumi & Grup — bumi2009fans @ 8:06 am

Rabu, 25/08/2010 10:36 WIB
Nasabah Bakrie Life: Kasihanilah Kami
Herdaru Purnomo – detikFinance

Jakarta – Nasabah Diamond Investa PT Asuransi Jiwa Bakrie (Bakrie Life) hanya bisa pasrah menunggu ketidakpastian pembayaran cicilan dana pokok mereka.

Nasabah masih meminta penyelesaian gagal bayar ini diselesaikan secara musyawarah dengan dukungan Bapepam-LK, Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) dan khususnya dari manajemen Bakrie Life dan pemegang sahamnya PT Bakrie Capital Indonesia (BCI).

“Nasabah akan berjuang terus secara musyawarah untuk mendapatkan haknya kembali. Nasabah berharap masalah gagal bayar ini dapat diselesaikan secara musyawarah oleh Bapepam-LK, AAJI, Bakrie Life dan BCI, jadi tidak perlu ke jalur hukum,” ujar Koordinator Tim Penyelamatan Pengembalian Dana Nasabah (TP2DN) Bakrie Life, melalui
pesan elektroniknya kepada detikFinance di Jakarta, Rabu (25/08/2010).

Menurut TP2DN, peran aktif Bapepam-LK dan AAJI belakangan kembali menurun dimana tidak lagi mendesak pihak manajemen untuk dapat melunasi dana para nasabah.
“Nasabah berharap Bapepam-LK dan AAJI lebih berperan aktif dalam kasus ini, karena kalau sampai dana nasabah hilang, akan mencoreng dunia perasuransian di Indonesia dan dunia investasi di Indonesia pada umumnya,” papar TP2DN.

Selain itu, TP2N menyatakan seluruh nasabah berharap dapat bertemu dengan pemegang saham langsung yakni BCI dimana dipimpin oleh Nirwan Bakrie untuk mendapatkan kepastian pembayaran.

“Nasabah yakin Tuhan pasti mengetuk pintu hati Bapak Nirwan Bakrie untuk menyelesaikan masalah ini. Karena kalau dana sampai hilang, banyak nasabah yang hartanya disimpan di Diamond Investa Bakrie Life. Jadi kasihanilah kami,” tutur TP2DN.

Sebelumnya, Direktur Utama Bakrie Life Timoer Sutanto mengatakan pihaknya tidak mau lagi berjanji kepada para nasabah Diamond Investa terkait cicilan pengembalian dana. Saat ini perusahaan milik Grup Bakrie tersebut tengah mengalami kesulitan likuiditas sehingga tidak ada kepastian mengenai pengembalian dana nasabah.

Seperti diketahui Bakrie Life menderita gagal bayar nasabah Diamond Investa sebesar Rp 360 miliar. Kemudian Bakrie Life berjanji akan melunasi nasabah sesuai Surat Kesepakatan Bersama (SKB).

SKB tersebut berupa komitmen Bakrie Life untuk membayar bunga 9,5% per bulan beserta cicilan pokok secara kuartal per tahunnya yaitu 2010 sebesar 25%, 2011 sebesar 25% dan Januari 2012 sebesar 50%. Dana tersebut seharusnya mulai dibayarkan pada Maret 2010 sampai Januari 2012. Namun SKB tersebut tidak ditepati sehingga nasabah kembali mendapatkan kekecewaan.

(dru/qom)

Penyelesaian gagal bayar Bakrie Life mendesak
BISNIS INDONESIA
JAKARTA:

Asosiasi Asuransi Jiwa In donesia (AAJI) dan regulator men de sak agar konflik antara mana jemen Bakrie Life dan nasabah ter kait dengan gagal bayar sekitar Rp360 miliar segera diselesaikan.
Desakan tersebut menanggapi ak si demonstrasi puluhan nasabah PT Bakrie Life Insurance (Bakrie Life) pa da 18 Agustus 2010 yang me nun tut agar pembayaran dana nasabah se gera diselesaikan.

Direktur Eksekutif AAJI Stephen Ju wono mengatakan pihak m a na jemen seharusnya menempuh mu syawarah dalam penyelesaian kon flik gagal bayar dengan nasabah.

Menurut dia, hal itu juga dapat me redam kemarahan nasabah dan mem perbaiki citra perusahaan da lam menjalankan aktivitas bisnis di bidang asuransi jiwa.

“Kami berharap pihak manajemen se gera melakukan upaya penye le sai an konflik dengan nasabah secara ke keluargaan. Kalau tidak segera di se lesaikan dampaknya akan buruk,” ujarnya, kemarin.

Senada dengan Stephen, Kepala Bi ro Perasuransian Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan

(Bapepam-LK) Isa Rachmatarwata menuturkan regulator juga terus mendesak manajemen Bakrie Life agar segera menyelesaikan konflik ter sebut.
Regulator, kata dia, terus meng awasi dan memantau per kem bang an konflik tersebut agar dapat meng ambil tindakan yang tepat.

“Kami sudah mendesak mana jemen, tetapi kalau memang tidak pu nya uang untuk membayar, ya ba gaimana. Kami masih terus meng evaluasi,” tutur Isa.

Bakrie Life dan nasabah produk asuransi berbasis investasi Diamond Investa telah menyepakati jadwal pembayaran dana pokok gagal bayar senilai Rp360 miliar sebesar 25% pada tahun ini.

Selanjutnya, sebesar 25% lagi pa da 2011, dan sisanya se besar 50% akan dipenuhi pada 2012.

Adapun, guna pembayaran cicilan dana nasabah pada tahun ini hingga 2011, yaitu sebesar 25% dijanjikan akan dibayar secara berkala se ba nyak delapan kali, yaitu masing-ma sing sebesar 6,25% pada tiap Maret, Juni, September dan Desember.

Sebelumnya, Isa memaparkan pi haknya telah memanggil Dirut Ba krie Life Timoer Sutanto gu na me na

nyakan kesanggupan pembayaran dana nasabah sebesar Rp30 miliar yang seharusnya sudah direalisasikan per 30 Juni 2010.
Kesulitan dana Namun, lanjut dia, pihak Bakrie Life belum memberi kepastian waktu mengenai kesanggupan pembayaran kewajiban kepada nasabah Diamond Investa.
Hal itu disebabkan Bakrie Capital Indonesia (BCI) selaku pemegang saham mengalami kesulitan pendanaan.

Isa memaparkan posisi keuangan BCI saat ini menyulitkan Bakrie Life dalam memperoleh pinjaman dengan menggadaikan (repurchase agreement/repo) aset tertentu atau mencari sumber pendanaan lain dengan bunga rendah.

Dia menuturkan nasabah memiliki pilihan lain, yaitu menunggu pembayaran dan menempuh jalur hukum (legal action), meski kemungkinan tidak bisa memperoleh seluruh pengembalian dana terkait dengan kondisi Bakrie Life.

Timoer tidak menjawab telepon maupun pesan singkat ketika dikonfirmasi Bisnis. (04/SYLVIANA PRAVITA R.K.N.)

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: