Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Agustus 22, 2010

analis RAGU2, pasar indon SENYUM2 : 220810

Filed under: BURSA bumi — bumi2009fans @ 8:50 am

Jumat, 20 Agustus 2010 | 20:57 oleh Yohan Rubiyantoro BursaAnalis: pekan depan hindari saham emiten batubara
JAKARTA. Pekan ini indeks mencetak rekor tertingginya di level 3.105,35 (19/8) (… well seharusnya khan 3117,72 pada 20 Agustus 2010…). Secara umum pergerakan IHSG sepanjang pekan ini menguat, padahal Dowjones masih dalam tren penurunan, begitupun bursa regional yang cenderung flat.

“Kami sangat surprise, seolah ini kado 17 Agustus,” kata Analis Universal Broker, Satrio Utomo, Jumat (20/8). Ia mengaku heran dengan kondisi ini, pasalnya ekonomi global menunjukkan pelambatan, perdagangan pun cenderung sepi lantaran Ramadan.

“Saya merasa ini tidak masuk akal, kondisi bursa kok tidak enak. Investor harap hati-hati,” ucapnya mengingatkan. Ia juga menegaskan IHSG tidak akan selamanya mampu melawan tren. Namun Satrio menduga pekan depan IHSG masih menyimpan potensi naik dengan rentang 3085-3.150. Sebab dana asing yang masuk masih sangat deras.

“Walaupun aneh, tetapi selama orang masih beli, harga akan terus naik,” katanya. Ia menyarankan agar pekan depan investor mencermati saham-saham perbankan dan semen. “Satu yang penting, hindari dulu emiten batubara, harganya sedang jatuh,” katanya.

Jumat, 20 Agustus 2010 | 17:01 oleh Avanty Nurdiana ANGKA CDS INDONESIAWah, risiko investasi terus turun
JAKARTA. Resiko investasi di Indonesia semakin turun. Hal tersebut terbukti dengan angka credit default swap (CDS) Indonesia yang semakin menciut. Sampai dengan tanggal 19 Agustus 2010 kemarin, angka CDS Indonesia untuk tenor 5 tahun ada di 145,575. Angka ini merupakan angka terendah sejak 2 November 2007.

Jika mau dibandingkan dengan posisi CDS di awal tahun, ketika itu angka CDS Indonesia berada di level 188. Tentu ini sebuah prestasi Indonesia karena sudah mendapatkan kepercayaan dari pasar. Analis obligasi AAA Securities Helmy Therik mengatakan, penurunan CDS Indonesia ini menggambarkan premi resiko Indonesia turun jika dibandingkan dengan US Treasury.

Investor lebih mempunyai keberanian untuk berinvestasi di obligasi pemerintah. Akibatnya asing masih terus masuk ke pasar Indonesia baik di pasar saham ataupun obligasi. Selain itu, dengan adanya ekspektasi rating Indonesia yang membaik membuat pandangan investor juga positif.

Head of Debt & Capital Market BNI Securities Sukartono beranggapan, beberapa dana asing yang masuk justru ke pasar saham. “Sentimen positif datang dari pasar saham kita yang kemarin sempat di level tertinggi sepanjang sejarah,” tuturnya.

Namun secara fundamental, Sukartono melihat belum ada yang berubah. Nah ke depannya, Sukartono melihat potensi menguatnya CDS Indonesia akan makin tipis. Sebab level saat ini adalah level terendah yang pernah dicapai. Sehingga kemungkinan untuk kembali menanjak akan sangat besar.

Meski dana asing di Surat Berharga Negara (SBN) sampai tanggal 16 Agustus 2010 turun menjadi Rp 1,17 triliun menjadi Rp 177,21 triliun. Menurut Helmy, hal ini tidak banyak mempengaruhi. Sebab itu sudah terbukti dengan kondisi rupiah dan CDS yang terus menguat.

Kondisi CDS Indonesia menurut Helmy akan bergerak di level sekarang. “CDS Indonesia mungkin akan bergerak di area 145 – 150,” papar Helmy. Jangka pendek, optimisme pasar di Indonesia masih cukup bagus. Jadi dia cukup yakin level saat ini masih akan dipertahankan.

Sukartono lain lagi. Dia justru mengkhawatirkan level CDS Indonesia yang cukup rendah. Sebab menurutnya secara fundamental Indonesia tidak berubah. Sedangkan investor sepertinya masih belum tertalu percaya dengan kondisi pasar yang sangat bullish ini.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: