Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Oktober 31, 2010

Media Sosial … P3N+1N-k bo : 071110

Filed under: BURSA bumi — bumi2009fans @ 9:17 pm

Berbisnis dengan Memikat Komunitas Maya
Minggu, 7 November 2010 | 07:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Profesi webpreneur tampaknya menjadi sebuah pilihan yang kini tengah digandrungi anak muda. Sifatnya yang praktis dan memberikan peluang kreativitas sangat pas dengan jiwa muda.

Salah satunya adalah Aria Rajasa, CEO GantiBaju.com, sebuah distro online dengan konsep desain kaos berkultur Indonesia yang diciptakan dari user dan untuk user. Hanya dalam waktu setahun, GantiBaju.com mampu mencetak 600 kaos per bulannya dengan harga per kaos Rp 120.000-150.000.

Tidak hanya itu, akibat kesuksesannya tersebut, situs GantiBaju.com didaulat menjadi The Most Promosing Startup dalam ajang SparxUp Awards 2010. Usaha yang dirintis Aria beserta lima kawannya ini pun berhasil mendirikan dua buah outlet di Fx Sudirman, Jakarta dan Bandung.

Lalu, apakah GantiBaju.com itu? “Gantibaju.com ini sebenarnya berawal dari ide naif kita berlima yang pengen bikin hal-hal berbau indonesia tapi untuk anak muda. Akhirnya kami kepikiran kaos, tapi masalahnya kami nggak ada yang bisa desain. Dibentuklah konsep desain dari user,” ujar Aria, Sabtu (7/11/2010), di SparxUp Awards, Fx, Jakarta.

Ia mengungkapkan situs yang digarap tersebut merupakan situs clothing line dengan desain seluruhnya dari user. Setiap user yang mengupload desain kaosnya, nanti akan dipilih oleh user lainnya. Kalau paling banyak terpilih, maka akan menjadi desain pilihan yang akan dicetakkan menjadi kaos dan dijual.

“Kami memang mengutamakan eksklusivitas jadi cetaknya juga terbatas maksimal 200 per desain. User yang terpilih desainnya juga akan mendapat uang Rp 1 juta dan 10 persen royalti,” ungkap Aria.

Ditanya tentang keseriusannya menggarap bisnis ini, Aria dengan lantang menjawab, “Dari awal kami sudah serius. Kalau bisnis ini tidak menguntungkan kami tidak akan bertahan,” ujarnya.

Terlebih dengan adanya penghargaan The Most Promising Startup dari SparxUp Award 2010 ini, Aria mengaku semakin terpacu untuk mengembangkan bisnisnya tak hanya di Indonesia tapi juga mancanegara.

“Sekarang wilayah distribusinya memang baru Jakarta, Semarang, dan Bandung. Tapi ke depan kami akan menjangkau pasar luar negeri dengan bekerja sama dengan distributor luar juga,” tandas Aria. Selain media kaos, Aria mengaku, juga tengah menggodok media-media baru seperti jaket, sepatu, dan tas agar pilihan produk akan semakin bervarian.

Saturday, October 30, 2010 5:31 PM GMT
Asian firms need to exploit social media more, says study

By Priyanka Banerjee

Less than half of the Asian companies listed on the Wall Street Journal’s Asia 200 Index have a corporate social media presence, said a new study by Burson-Marsteller, a public relations and communications firm.
saat gw dulu skul bisnis di oz, gw uda berceloteh soal internet sebagai alat bisnis … gw juga pernah menyatakan bahwa nama perusahaan yang mencantumkan alamat dunia maya seperti dotcom … saat ternyata dunia bisnis global sudah masuk wilayah dunia maya global, maka gw MAU TIDAK MAU LEBE SUKA MAEN DI BLOG, sebagai media sosial, katimbang e-mail doang … itu sebabnya gw memperhatikan banyak situs media komunikasi massa ala Kaskus berkembang sekali, facebook apalagi … komunikasi global lewat media internet sebagai sarana komunikasi sosial abad baru SUDAH TIDAK TERELAKKAN🙂

According to the study, social media profiles are inactive in more than 55 percent of the corporate brands and only eighteen percent of the surveyed companies integrate their social media profiles into their corporate websites.

By contrast, Burson-Marsteller’s Fortune Global 100 Social Media Check-Up study, conducted in February this year, showed that 79 percent of major global companies use branded social media sites as part of their corporate communications mix.

“Asian companies need to take bolder steps to leverage the exploding use of social media channels in the region,” said Bob Pickard, president and CEO of Burson-Marsteller Asia-Pacific.

In India, top companies are still experimenting with social media, said the study.

While some have active accounts on Facebook and Twitter, corporate blogs and video are also increasingly being deployed. Corporate blogs are considered especially effective in communicating with the companies’ many stakeholders, within India as well as in other English-speaking markets.

India’s leading technology companies are using social media for both corporate and consumer outreach.

FMCG companies usually have their product brands active in the social media space, while financial services companies often focus on providing customer support and product promotions.

“It is encouraging to find that some of the top Indian companies are adopting social media to tell their corporate stories. However, it should now become a long-term strategic and not only a tactical tool for companies in India to communicate with their various stakeholders.” said Prema Sagar, Principal and Founder, Genesis Burson-Marsteller.

The study also said only 12 percent of companies surveyed maintained a corporate blog, compared to 33 percent of global companies. Social channels are most frequently used to communicate corporate responsibility initiatives.

Only 8 percent of leading companies in Asia have set up dedicated channels on top video sharing channels such as YouTube, Youku in China or Nico Nico Douga in Japan. This compares to 50 percent of global companies using such channels.

The study reviewed social media activities of 120 major companies across 12 markets in Asia-Pacific; Australia, China, Hong Kong, India, Indonesia, Japan, Malaysia, Philippines, Singapore, South Korea, Taiwan and Thailand.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: