Saham Bumi : blog saham SEJUTA INVESTOR THE BAKRIES

Februari 27, 2013

S&P n MOODY’s @bumi … 270213

Filed under: BURSA bumi — bumi2009fans @ 2:29 am

BUMI RESOURCES: Moody’s pangkas peringkat utang & obligasi jadi B2

Irvin Avriano A.

Jum’at, 22 Februari 2013 | 19:02 WIB

bisnis indonesia

JAKARTA: Perusahaan pemeringkat global Moody’s menurunkan peringkat utang korporasi PT Bumi Resources Tbk dan obligasi yang diterbitkan anak usahanya menjadi B2, dari sebelumnya B1.

Dalam riset pemeringkatan sore ini (22/2/2013), Vice President & Senior Analyst Moody’s Investors Service Singapore Pte Ltd Simon Wong mengatakan penurunan peringkat mencerminkan penilaian Moody’s bahwa Bumi Resources akan menurunkan rasio utangnya.

“Sepertinya Bumi Resources akan menurunkan rasio utang disesuaikan terhadap EBITDA ke bawah 4,5 kali dalam 12–18 bulan ke depan,” ujar Wong.

Dia menuturkan melemahnya harga batu bara dunia akan menjadi faktor penekan margin operasional Bumi Resources yang kemudian berpotensi membatasi perusahaan itu untuk menghasilkan arus kas bebas. Arus kas itu tadinya diharapkan dapat menurunkan rasio utangnya.

Rerata harga jual batu bar perusahaan yang berkode saham BUMI itu juga dinilai akan berlanjut tertekan pada 2013 dan perusahaan akan merenegosiasi kontrak penjualannya di level harga yang rendah. (arh)
S&P Nilai Arus Kas Bumi Resources Melemah
http://www.inilah.comonFollow on Google+

Oleh: Wahid Ma’ruf
pasarmodal – Kamis, 17 Januari 2013 | 18:24 WIB

INILAH.COM, Jakarta – PT Bumi Resources Tbk (BUMI) mengalami penurunan peringkat korporasi jangka panjang dari lembaga pemeringkat Standard & Poors (S&P) menjadi B dari sebelumnya B+.

Lembaga tersebut juga menurunkan peringkat utang perseroan menjadi B dari B+. Peringkat ini masih dalam kategori CreditWatch yang masih mendapatkan implikasi negarif pada 26 September lalu.

Dalam keterangan resminya, S&P menyebutkan keputusan tersebut sesuai dengan perkiraan tentang arus kas perseroan akan melemah selama tahun 2013. Selain itu untuk rasio fund from operations (FFO) atau rasio biaya operasional terhadap utang akan di bawah 5 persen dalam 12 bulan ke depan.

Dari laporan keuangan per September 2012 BUMI membukukan rugi bersih hingga US$632,49 juta. Padahal, pada periode sama tahun sebelumnya, BUMI sempat mendulang laba bersih US$175,55 juta.

Sedangkan pendapatan sepanjang kuartal tiga 2012 tercatat US$2,76 miliar, turun 3,15% dari periode yang sama 2011 sebesar US$2,85 miliar. Alhasil, total laba usaha mencapai US$312,41 juta, turun 59,9% dari periode yang sama 2011 yang mencapai US$780,04 juta.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: